Kalapas Internalisasikan Prinsip Dasar Pemasyarakatan ‘Back to Basic’

 Kalapas Internalisasikan Prinsip Dasar Pemasyarakatan ‘Back to Basic’

Peserta Internalisasi ‘Back to Basic’ antusias menyimak penjelasan Kalapas. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta, Arimin memberikan pengarahan kepada para komandan jaga, wakil komandan, dan penjaga pintu utama (P2U) terkait prinsip dasar ‘Back to Basic Pemasyarakatan’ pada Sabtu (16/10).

Acara tersebut berlangsung di aula lapas setempat setelah sebelumnya, Rabu (14/10) Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-DIY menerima sosialisasi hasil Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan Tahun 2021 dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) D.I. Yogyakarta.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI Nomor PAS-38.OT.02.02 Tahun 2021 Tentang Program Pelaksanaan Prinsip Dasar Pemasyarakatan ‘Back to Basic’.

Peserta internalisasi terdiri dari Kajaga, Wakajaga, P2U dan Pejabat Eselon V tengah menyimak pemaparan dari Kalapas. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Mengawali arahannya kalapas mengajak jajarannya untuk terus menjaga integritas, dengan menjaga lapas bersih dari narkoba, handphone, dan pungli.

“Selain bertugas melakukan pengamanan kita juga harus bisa melakukan pelayanan, kerjakan itu semua sesuai SOP pasti semua berjalan baik. Komitmen kita bersama untuk zero handphone dan barang terlarang,” jelas Kalapas.

Selanjutnya Arimin juga menyampaikan bahwa prinsip dasar ‘Back to Basic’, yang berarti Kembali ke Dasar ini  mengajak jajaran Pemasyarakatan untuk introspeksi.

Senada, Kepala Pengamanan Lapas, Suyadi menambahkan untuk meningkatkan pemeriksaan terhadap segala hal yang masuk ke lapas.

“Tolong dicermati setiap orang, maupun barang yang dibawa setiap pos diperiksa. Yakinkan bahwa itu bukan barang larangan,” tegasnya.

Menutup arahannya, Kalapas mengajak jajarannya untuk senantiasa menjaga marwah dan citra positif pemasyarakatan.

Usai pengarahan, Kalapas, Pejabat Eselon IV dan peserta berfoto bersama. | Foto: Tika / Humas Lapas Yogyakarta

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Subbagian Tata Usaha, Hadi Wicaksono, Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib, Bowo Sulistyo, Kepala Seksi Kegiatan Kerja, Wachid Kurniawan, dan seluruh pejabat eselon V Lapas Yogyakarta. [ ASAP, HT]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content