Kadivpas Lakukan Bintorwasdal, WBP Lapas Yogyakarta Kompak Bersedia Deklarasi Anti Narkoba

 Kadivpas Lakukan Bintorwasdal, WBP Lapas Yogyakarta Kompak Bersedia Deklarasi Anti Narkoba

Secara serempak, WBP Lapas Yogyakarta bersedia mendeklarasikan Anti Narkoba | Foto: AK

Didampingi Kalapas dan jajarannya, Kadivpas meninjau fasilitas kesehatan di Balai Kesehatan Lapas Yogyakarta, (3/5) | Foto: AK

YOGYAKARTA – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani melakukan bimbingan, monitoring, pengawasan, dan pengendalian (bintorwasdal) di Lapas Kelas IIA Yogyakarta pada Senin (03/05) sore.

Langkah ini diambil Kadivpas guna memastikan Lapas Yogyakarta aman terkendali dan hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terpenuhi.

Mengawali agendanya, Kadivpas didampingi Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Arimin meninjau fasilitas kesehatan di Balai Kesehatan Lapas setempat.

Usai mendapatkan laporan terkait kondisi WBP, pelayanan dan sarana-prasarana oleh perawat yang tengah bertugas, kepada WBP Ia berpesan agar aktif menjaga kesehatan.

“Tetap melaksanakan protokol kesehatan serta patuhi apa yang diutarakan dokter dan perawat,” pesannya.

Kadivpas tengah memeriksa pelayanan pemberian makan sebagai hak WBP | Foto: AK

Selanjutnya, Gusti Ayu menyambangi Wisma Sido Derajat, blok hunian terdekat dengan Balai Kesehatan. Satu persatu para WBP disapanya dengan ramah. Mereka juga ditanya tentang kesehatan, pelaksanaan puasa, dan kebersihan lingkungan.

“Jaga kebersihan baik di dalam kamar maupun halaman hunian,” ujarnya.

Lebih lanjut, terkait layanan pemberian makan yang menjadi hak WBP tidak luput dari pengamatan Kadivpas. Dapur Lapas menjadi tujuan berikutnya.

Pemeriksaan di Dapur Lapas Yogyakarta | Foto: AK

Terpantau Kadivpas memeriksa satu persatu setiap sisi dapur yang tampak bersih teratur itu. Baik lantai maupun sarana lainnya terawat.

Sementara itu, Aula Sasana Krida Wiraguna Lapas Yogyakarta telah dipadati WBP. Di sana agenda berikutnya Kadivpas menyapa WBP secara langsung.

“Apa kabar?,” tanya Kadivpas.
“Baik dan luar biasa!” serentak ratusan WBP menjawab.

Dalam kesempatan itu, Gusti Ayu menghimbau para WBP agar Lapas Kelas IIA Yogyakarta dijadikan tempat untuk menyantri, dengan menjaga keamanan, kenyamanan, kebersihan, dan keindahan.

“Manfaatkan Bulan Ramadan  sebaik-baiknya dengan rajin baca Alquran, memperbanyak zikir, dan berniat untuk menjadi pribadi yang berubah ke arah yang lebih baik. Bila punya keluhan sampaikan dengan cara yang baik, karena setiap WBP memiliki hak dan kewajiban, serta mau untuk bekerja sama, berkolaborasi dengan petugas, dan  berpartisipasi aktif terhadap program pembinaan di Lapas,” papar Gusti Ayu.

Secara serempak, WBP Lapas Yogyakarta bersedia mendeklarasikan Anti Narkoba | Foto: AK

Di akhir pertemuan, Gusti Ayu menginstruksikan kepada WBP agar mendukung Lapas Kelas IIA Yogyakarta untuk meraih predikat Wilayah bebas dari Korupsi (WBK), dan tidak menyalahgunakan narkoba, serta bila merokok jangan dilakukan di kamar.

Bahkan, Gusti Ayu menantang WBP apakah bersedia melaksanakan deklarasi anti narkoba.
“Bersedia!,” jawab WBP serentak. [AK, – HT]

 

Tim Humas L'WIRO

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.