Kamis, 29 Oktober 2020 - 03:33 WIB

Jalan Sehat Perpisahan “Selamat Jalan Kawan, Tetap Tangguh di Tempat Tugas Baru”

 

Dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 Lapas Wirogunan menyelenggarakan kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh pegawai Lapas dan keluarganya serta mantan pegawai Lapas Wirogunan yang dimutasi ke instansi lain.

Senda gurau, gelak tawa, dan saling bercerita bahkan juga menggoda sangat mewarnai kegiatan tersebut. Nuansa merah putih sangat kental karena kaos yang peserta kenakan hampir serupa dalam warna yang sama.

Mereka berkumpul di depan pintu gerbang Lapas, Suherman Kepala Lapas Wirogunan yang akan mengibarkan bendera star berkata, “Terimakasih kepada pegawai Lapas Wirogunan beserta keluarga yang mau berpartisipasi dalam kegiatan jalan sehat. Rasa hormat kami sampaikan juga kepada mantan pegawai Lapas Wirogunan yang dipindah ke instansi lain, dan memenuhi undangan kami. Kita pupuk terus tali persaudaraan dimana pun kita berada.”

Tidak lama setelah itu digerakan bendera star ke atas, dan peserta terdepan yang terdiri dari dokter Novita, Budianto, Armunanto serta diikuti peserta lain yang mengekor , melangkah dengan gembira.

Rute jalan sehat tidak jauh, dari Jalan Taman Siswa belok kiri menyusuri Jalan Sultan Agung, bertemu kantor Ikadin belok kanan. Sesampainya dipertigaan bertemu jalan Surokarsan, hingga akhirnya kembali ke Jalan Taman Siswa belok kiri hingga beberapa puluh meter sampai ke Lapas Wirogunan kembali. Sesampai di Lapas, bubur ayam, teh manis hangat, dan beberapa makanan ringan sudah menghadang mereka. Tanpa sungkan para peserta langsung mengambil santapan dihadapan mereka.

Di tengah suasana kekeluargaan Kepala Lapas Wirogunan mangatakan, “Menjadi fanatik terhadap agamanya adalah baik, tetapi bila terjadi gesekan, maka di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara itu kita kembalikan pada Pancasila dan UUD 1945. Kita harus tetap menjaga keutuhan NKRI. Salah satu bukti menjaga kerukunan adalah melakukan kegiatan seperti ini. Walau sederhana tetapi memberi manfaat yang nyata.”

Tambahnya lagi, “Di tengah-tengah kita ada teman-teman mantan pegawai Lapas Wirogunan yang dimutasi ke UPT lain. Pengabdian yang tidak sebentar di Lapas ini telah memberi warna, dan persaudaraan tidak akan lekang karena kepindahan kawan-kawan. Selamat jalan teman-teman dan tetap tangguh di tempat tugas baru.”

“Sebagai tanda cinta kasih kami, ada cindera mata dari Lapas Wirogunan sebagai ucapan terimakasih  atas pengabdian kalian dan untuk memperkuat persaudaraan kita,” Kepala Lapas mengakhiri sambutan singkat.

Seluruh mantan pegawai Lapas Wirogunan pun tampil kedepan, dengan rasa haru cindera mata pun diberikan Kepala Lapas Wirogunan. Sepontan para pegawai Lapas Wirogunan yang hadirpun mengekor Kepala dan mengucapkan selamat jalan kepada teman-temannya.

Jati Suryono, sang pembawa acara dengan piawi memandu acara, sehingga suasana semakin akrab penuh tawa canda hingga acara selesai.

(AK 19082017)

 

 

 

Filed in: Kabar Penjara Agustus 2017

No comments yet.

Leave a Reply