Kamis, 1 Oktober 2020 - 01:02 WIB

Ibu-Ibu Aisyiyah Yogyakarta Adakan Buka Puasa Bersama Di Lapas Wirogunan

DSCN9589

Rabu sore (29/06/2016) puluhan ibu-ibu duduk bersama para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) wanita di mesjid Al-Fajar Lapas Wirogunan. Mereka berasal dari 14 organisasi Aisyiyah di Yogyakarta untuk mengadakan buka puasa bersama dengan para WBP baik laki-laki maupun wanita. Ibu Badrun wakil dari Aisyiyah DIY  menjelaskan  bahwa maksud kunjungan dalam rangka Mulad (Ulang tahun) Aisyiyah ke seratus dua. Hadir diantara ibu-ibu adalah Ibu Hariyadi Suyuti istri Walikota Yogyakarta.

Dokter Agus Taufiurahman memberikan tauziah menjelang adzan mahgrib. Siraman rohani yang disampaikan bertema hubungan puasa dengan kesehatan. Gamblang Dokter Agus menuturkan tauziahnya, karena latar belakangnya sebagai dokter.

Dikatakannya,“Di bulan Puasa dari hasil penelitian ada kecenderungan sakit menurun. Hal ini dimungkinkan karena menjalankan puasa menyebabkan suasana menyenangkan, tidak mudah marah, dan menyehatkan. Contohnya orang berpuasa harus dapat menahan nafsu amarah. Penelitian menunjukan marah bisa menyebabkan serangan jantung tiga kali lebih besar, maka dengan puasa dapat mengurangi serangan jantung.”

Adzan Mahgrib pun berkumandang, semua yang ada di Masjid Al-Fajar segera membatalkan puasa dengan meneguk segelas air dan memakan kurma. Tidak lama kemudian sholat mahgrib pun dikerjakan.

Ibu-Ibu tampak sangat senang dengan penyelenggaraan acara buka puasa bersama WBP. Terlebih diantara mereka ada yang belum pernah masuk Lapas. Jadi keberadaan dirinya di Lapas menjadi suatu cerita tersendiri. Mereka duduk akrab dengan para WBP wanita sambil menikmati sanatapan buka puasa.

Satu diantara mereka malah ada yang berkata sedikit teriak karena senangnya, “Bu, yang tadi ngobrol sama saya itu tetangga depan rumah. Saya tidak tahu kalau dia berada di sini. Kasusnya jual beli mobil. Wah nggak nyangka aja malah ketemu, makanya kami terus berpelukan senang.”

Kegiatan buka bersama ibu-ibu Aisyiyah memberikan hikmah tersendiri. Diantara mereka tertarik ingin ikut berpartisipasi memberikan pembinaan kepada WBP wanita. Kandi Petugas dari Subsi Bimaswat pun menyambut senang dan memberi tahu  bagaimana mereka bisa berpartisipasi memberikan pembinaan kepada WBP.

Ambar Kusuma

 

Filed in: Kabar Penjara Juni 2016

No comments yet.

Leave a Reply