Rabu, 30 September 2020 - 05:26 WIB

Hari Anak Nasional 2014; Devita Nuraini Peroleh Remisi

Suasana Upacara Pemberian Remisi Anak tahun 2014 Kepada Anak Pidana di Aula Lapas Wirogunan pada Rabu (23/7).

Suasana Upacara Pemberian Remisi Anak tahun 2014 Kepada Anak Pidana di Aula Lapas Wirogunan pada Rabu (23/7). Foto: Ambar Kusuma

Sebuah kejutan diterima Devita Nuraini pada Rabu (23/7), bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Devita (16) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Wanita kategori anak di Lapas Wirogunan menerima Remisi Anak sebanyak dua bulan. Remisi ini berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI nomor M.HH-17.PK.01.02 tahun 2014 tentang “Pemberian Remisi Anak tahun 2014 Kepada Anak Pidana. Besarnya Pemberian remisi ini sama dengan Remisi Umum yang diterima pada tahun bersangkutan (tahun 2014).

WBP dengan perkara Penyalahgunaan Narkotika (UU No. 35 tahun 2009) tersebut dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Yogyakarta dan dipidana penjara selama dua tahun, denda empat ratus juta rupiah dan subsider berupa kerja sosial selama tiga puluh hari.

Zaenal Arifin, Kepala Lapas Wirogunan di dalam upacara pemberian remisi tersebut menyatakan rasa syukur dan senang, karena pada hari ini dua kali mendapatkan berita gembira. Pertama adanya anak-anak pegawai lapas yang menerima beasiswa karena prestasi akademiknya yang mengagumkan, dan kedua ada seorang WBP wanita kategori anak memperoleh remisi di Hari Anak Nasional tahun 2014.

Dihadapan para WBP wanita yang menjadi peserta upacara, Zaenal Arifin juga menyatakan bahwa beberapa hari kedepan juga akan ada pemberian Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri dan Remisi Umum Kemerdekaan RI. Kepada WBP dihimbau agar tetap patuh pada tata tertib, menjalankan pembinaan dengan baik, dan jangan membuat masalah. Bila ada yang melakukan pelanggaran terancam terkena sanksi dan masuk daftar F, dengan konsekuensi tidak dapat diusulkan pemberian remisi. (AK 23072014)

Filed in: Kabar Penjara Juli 2014

No comments yet.

Leave a Reply