Gandeng Rumah BUMN, Lapas Yogyakarta Berikan Pelatihan Kuliner bagi WBP

 Gandeng Rumah BUMN, Lapas Yogyakarta Berikan Pelatihan Kuliner bagi WBP

Beberapa WBP tengah mempraktikkan pembuatan bolen pisang keju dan pisang coklat.| Foto: Reka/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta mendapatkan Pelatihan Kuliner dari Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Yogyakarta pada Kamis (24/3).

Kegiatan yang dilaksanakan di Bengkel Kerja (Bengker) Lapas Kelas IIA Yogyakarta ini, melatih 20 orang WBP membuat bolen pisang keju dan pisang coklat.

Kepala Seksi (Kasi) Kegiatan Kerja (Giatja), Wachid Kurniawan Budi Santoso, memberikan tanggapan bahwa pelatihan kali ini merupakan implementasi tiga pilar utama Sistem Pemasyarakatan di Indonesia yaitu petugas pemasyarakatan, narapidana, dan masyarakat.

“Diantara tiga pilar utama Sistem Pemasyarakatan, salah satunya adalah elemen dari masyarakat. Nah, kegiatan kali ini merupakan kesediaan masyarakat untuk ikut berperan dalam proses pembinaan WBP,” ungkapnya.

Tiga pilar utama Sistem Pemasyarakatan di Indonesia diantaranya; petugas pemasyarakatan, narapidana, dan masyarakat.| Foto: Reka/ Humas Lapas Yogyakarta

Sejalan dengan hal itu, Pemateri dari Rumah BUMN Yogyakarta, Condro Rini, mengatakan bahwa lembaha milik BUMN ini juga memiliki program BRIncubator yang memberikan pemberdayaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kebetulan ada salah satu mitra kami yang menyarankan untuk memberikan pelatihan di Lapas Wiro, sekalian ada event itu akhirnya kita goes to Lapas karena ini baru pertama kalinya juga bagi kami,” terangnya.

Dari kegiatan ini, Lapas Kelas IIA Yogyakarta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berperan serta membina WBP.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Rumah BUMN dan kepada kelompok masyarakat lain dipersilakan berperan serta mendukung program pembinaan WBP,” pungkas Wachid. [RAP]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.