Gandeng Kwarcab Yogyakarta, Lapas Yogyakarta Bersiap Mendirikan Gudep Gerakan Pramuka

 Gandeng Kwarcab Yogyakarta, Lapas Yogyakarta Bersiap Mendirikan Gudep Gerakan Pramuka

WBP Lapas Yogyakarta tengah menyimak penjelasan pengenalan kembali Gerakan Pramuka.| Foto: Ambar Kusuma

WBP Lapas Yogyakarta tengah menyimak penjelasan pengenalan kembali Gerakan Pramuka.| Foto: Ambar Kusuma

YOGYAKARTA – Dua pembina andalan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Yogyakarta Kak Sumarni dan Kak Pramusinto, mengunjungi Lapas Kelas IIA Yogyakarta pada Jumat (04/06) pagi.

Kedatangan mereka merupakan jawaban dari permohonan Lapas Kelas IIA Yogyakarta yang berniat mendirikan Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka.

Sementara itu, Kepala Subsi Bimaswat, Sukamto menyatakan bahwa Kegiatan Kepramukaan merupakan bagian dari perwujudan pembinaan kepribadian, dan bila ini bisa terbentuk maka Lapas Yogyakarta menjadi Gudep Gerakan Pramuka dengan status sebagai pangkalan atau territorial khusus.

Kak Marni dari Kwarcab Yogyakarta berkomitmen membantu Gudep Persiapan di Lapas Kelas IIA Yogyakarta. | Foto: Ambar Kusuma

“Potensi ini sangat mungkin diwujudkan untuk mendirikan Gudep. Terlebih setelah dihimpun terdapat puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berusia muda antara sembilan belas hingga dua puluh lima tahun,” Sukamto menjelaskan.

Pada pertemuan pertama dengan para WBP itu, Kak Sumarni dan Kak Pramusinto mengajak mereka mengingat kembali tentang Pramuka yang sebagian besar mereka ketahui ketika masih bersekolah.

Lebih lanjut, WBP Diperkenalkan kembali bahwa Pramuka merupakan akronim dari “Praja Muda Karana yang berarti Orang Muda yang senang berkarya”, dan  anggotanya digolongkan berdasarkan usia dengan tingkatan dari Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

Sedangkan mereka yang sudah berusia lebih dari dua puluh lima tahun disebut anggota dewasa.
Kedua andalan  tersebut menjelaskan, bahwa untuk membentuk Gudep, Lapas Kelas IIA Yogyakarta harus berproses degan sebutan Gudep persiapan, sambil menyiapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

“Kwarcab Yogyakarta siap membantu Gudep Persiapan  di Lapas Kelas IIA Yogyakarta, baik dalam menyiapkan program kegiatan, pelatihan bagi anggota Pramuka, hingga memberikan pelatihan kepada pegawai agar dapat menjadi Pembina. Bila segala persyaratan telah terpenuhi maka  Gugus Depan Gerakan Pramuka di Lapas Kelas IIA Yogyakarta akan dikukuhkan secara resmi,” ujar Kak Marni

“Kami senang, karena ternyata Pramuka merupakan bagian dari pembinaan bagi narapidana di Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Kelak sebagai teritorial khusus, maka akan kami bantu dalam penyusunan program pembinaan,” pungkas Kak Pramushinto.

“Tepuk Pramuka!” [AK,-HT]

Humas Lapas Yogyakarta

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.