Minggu, 11 April 2021 - 08:26 WIB

Enam Warga Binaan Lapas Yogyakarta Ikuti Ujian Paket C

Seorang petugas tengah mengawasi WBP yang mengikuti ujian akhir sekolah kelas 12 program pendidikan kesetaraan Paket C. | Foto: Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Enam Warga Binaan Pemasyaraktan (WBP) Lapas Kelas IIA Yogyakarta (Wirogunan) mengikuti ujian akhir sekolah kelas 12 program pendidikan kesetaraan Paket C. Mereka mengerjakan mata ujian seperti Sosiologi, Ketrampilan, dan Bahasa Jawa.

Ambar Kusuma petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta yang mengelola pendidikan kesetaraan mengatakan ujian tersebut bisa terlaksana karena adanya kerjasama dengan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta. Lapas Kelas IIA Yogyakarta menurut dia dapat menyelenggarakan pendidikan kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C.

“WBP yang mengikuti pendidikan kesetaraan menjadi warga belajar SKB Kota Yogyakarta secara resmi. Para WBP ini sebelum dipidana adalah pribadi yang sulit untuk melanjutkan sekolah. Mereka lebih senang main, kumpul-kumpul dengan teman sejawat, bahkan juga melakukan tindak kriminal, kemudian kami lakukan pendekatan efektif hingga mereka mau diajak bersekolah,” ungkapnya pada wartawan, Sabtu (20/3).

Sebelumnya, dalam proses belajar SKB kota Yogyakarta melakukan jemput bola di mana para tutor datang ke lapas untuk mengajar. Sementara selama pandemi Covid-19, SKB memberikan materi dalam bentuk modul dan diteruskan pada pengelola pendidikan lapas.
Sukamto, Kepala Subsi Bimaswat menambahkan penyelenggaraan pendidikan kesetaraan di Lapas Kelas IIA Yogyakarta merupakan wujud pembinaan intelektual bagi WBP dengan melanjutkan pendidikannya. Lapas bahkan memfasilitasi untuk datang ke sekolah terakhir bila ijasah atau rapor masih berada di sekolah bersangkutan.

“Sebetulnya tiga dari enam WBP yang mengikuti ujian sedang melaksanakan Pembebasan Bersyarat. Mereka selama ini belajar dibimbing Pak Ambar dengan diberikan modul dan post test. Itu memang cara kami merangkul WBP yang bebas agar tetap mengikuti pendidikan kesetaraan. Kami berupaya memberikan bekal, agar ketika mereka bebas nanti, bisa menjalani kehidupan yang lebih baik,” ungkap dia. (Fxh)

Terbit di krjogja.com tanggal 20 Maret 2021 | Judul: Enam Warga Binaan LP Wirogunan Ikuti Ujian Paket C

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/enam-warga-binaan-lp-wirogunan-ikuti-ujian-paket-c/

Humas Lapas Yogyakarta

Filed in: Kabar Penjara Maret 2021

No comments yet.

Leave a Reply