Jumat, 25 September 2020 - 23:52 WIB

Empat WBP Wanita WNA Bergembira Peringati Hari Kartini di Lapas Wirogunan

Kalapas bersama APJI

Zaenal Arifin, Kalapas Wirogunan bersama Ketua APJI Sleman,Sri Wahyuni Dewi mengamati tumpeng hasil hiasan WBP Wanita Lapas Wirogunan pada Selasa (21/4). [Foto: Ambar Kusuma]

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) wanita di Lapas Wirogunan memperingati Hari Kartini bersama Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) Kabupaten Sleman, di Aula Lapas pada Selasa (21/4). Kegiatan dengan tema “Semangat Kartini Semangat Perempuan untuk Menatap Masa Depan” menyajikan beberapa acara yang kesemuanya diperuntukan bagi WBP wanita.

Zaenal Arifin, Kepala Lapas Wirogunan yang juga berpakaian adat Jawa berpesan kepada WBP agar mencontoh semangat Kartini, dan agama dijadikan pedoman hidup. Selain itu Kepala Lapas juga berharap kelak setelah menghirup kebebasan para WBP dapat terus menjiwai semangat Kartini.

Menghias tumpeng merupakan pertandingan pertama yang diselenggarakan dengan cara kerja kelompok. Tampak diantara mereka adalah WBP yang terkait dengan masalah penganiayaan wanita yang heboh dengan sebutan kasus “Hello Kity”. Serius bersama teman-teman sekelompoknya agar dapat menghias tumpeng sebaik-baiknya.

Pada lomba menyanyi, SP seorang WBP yang mendapat kesempatan pertama tampil dengan polos di depan para peserta lain mengatakan, “Aku jadi deg-degkan”, karuan saja semua yang mendengar jadi tertawa. Ternyata kebalikannya, dia bernyanyi tanpa beban, sekenanya dan tampak cuek itu justru mengajak penonton berinteraksi. Ketika sebuah lirik dari lagu Sandiwara Cinta dialunkan, dia berhenti karena lupa, yang terucap hanya ”Biar…..”
Spontan teman-temannya serempak membalas,”Biar!!!” lalu tertawalah mereka.

Pada kegiatan hari itu, diselenggarakan pula lomba peragaan busana, dan lomba joget berkelompok. Mereka yang menjadi peserta sebagian besar melakukannya tanpa persiapan yang matang. Sehingga semua yang dilakukan sangat alami. Bahkan pada saat menari, ada satu WBP ada yang langsung berteriak, “Aku bebas hari ini!”. Sontak hal tersebut disambut tepuk tangan oleh WBP lainnya.

Diantara para WBP wanita yang sebagian besar berkebaya, ada empat WBP berkewarga negaraan asing. Mereka adalah MJ dari Filipina, MK dan NY dari Vietnam, dan ET dari India. Tiga diantaranya berpakaian kebaya.

Keempat WBP ini berbaur dengan WBP lain, dan ikut bergembira bersama. Bahkan setelah beberapa waktu MJ dengan senang hati mengikuti lomba peragaan busana sambil memberi salam dengan tangan kepada teman-temannya. Sikapnya disambut tepuk tangan oleh seluruh rekan-rekannya. MJ dengan senang hati berfoto dengan teman-temanya secara bergantian, bahkan juga dengan beberapa petugas. Lain lagi dengan WBP NY, dengan anggun dia melangkah memperagakan busana, selain itu asik juga NY mengikuti lomba joget satu kelompok dengan MK dan ET. Bahkan di luar panggung, Nguyen asik merias JW, seorang WBP laki-laki yang akan tampil menari layaknya seorang wanita dengan tujuan melucu.

Perayaan Hari Kartini bersama APJI Kabupaten Sleman pimpinan Sri Wahyuni Dewi ini, seolah menjadi pesta dan ajang berekspresi WBP wanita di Lapas Wirogunan. Selain kegiatan perlombaan,  mereka juga disuguhkan beraneka ragam hidangan yang disajikan secara prasmanan. Hari ini mereka dapat menyantap  hidangan menarik dan sedap rasanya. Ucapan terimakasih dari Keluarga Besar lapas Yogyakarta diberikan kepada APJI Kabupaten Sleman. Terlebih diakhir acara mereka juga memberikan hadiah kejuaraan dan doorprize bagi WBP. [Ambar Kusuma]

Filed in: Kabar Penjara April 2015

No comments yet.

Leave a Reply