Dinilai Berhasil Selamatkan Aset Berharga, Lapas Yogyakarta Terus Berbenah

 Dinilai Berhasil Selamatkan Aset Berharga, Lapas Yogyakarta Terus Berbenah

Kalapas Yogyakarta, PK Utama Ditjenpas, Kadivpas Kanwil Kemenkumham DIY, dan jajaran Pemasyarakatan Yogyakarta berfoto bersama di depan pintu utama lama Lapas Yogyakarta.| Foto: Krisman/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta dinilai berhasil menyelamatkan aset berharga berupa buku berbahasa Belanda peninggalan era kepenjaraan. Hal itu disampaikan oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Utama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Sutrisman pada Selasa (26/7) silam.

“Wah (buku) ini benar-benar aset berharga tak ternilai ini. Bagus sekali ini masih bisa terselamatkan. Harus hati-hati sekali ini dalam merawatnya,” pesannya.

Tidak sendiri, pada kesempatan itu Sutrisman mengunjungi Lapas Yogyakarta bersama rekan sesama PK Utama, Bambang Sumardiono.

Kunjungan di penjara yang termasuk Cagar Budaya D.I. Yogyakarta itu juga didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Lapas Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo di Ruang Memorabilia Pemasyarakatan. Sambil mencicipi Bakpia ‘Mbah Wiro 378’ hasil olahan warga binaan, Bambang Sumardiyono menyampaikan kekagumannya atas perubahan yang terjadi di Lapas Yogyakarta atau yang akrab disebut Lapas Wirogunan itu.

“Bagus sekali, benar-benar tampak berubahannya. Ada heritage yang menarik jadi menghilangkan kesan Lapas yang seram. Memang bagus Mas Soleh ini,”ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kalapas mengucapkan terima kasih dan juga menyampaikan bahwa keberadaan Wahana Edukasi Pemasyarakatan di fasad Lapas, selain untuk edukasi sejarah Pemasyarakatan juga menjadi salah satu tempat yang instagrambable di Yogyakarta. [TPH]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content