Bersih-Bersih Jelang Ramadan, Lapas Yogyakarta Gelar Operasi Penggeledahan Gabungan

 Bersih-Bersih Jelang Ramadan, Lapas Yogyakarta Gelar Operasi Penggeledahan Gabungan

Operasi Gabungan, Sinergi Aparat Penegak Hukum menjelang Bulan Suci Ramadan.| Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Tim Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta menggelar kegiatan Operasi Penggeledahan (OP) Gabungan pada Kamis (31/3) malam. Penggeledahan wisma hunian warga binaan ini melibatkan unsur Aparat Penegak Hukum (APH) di Kota Yogyakarta, diantaranya Komando Rayon Militer (Koramil) 05/ Pakualaman, dan Kepolisian Sektor (Polsek) Pakualaman.

Kegiatan diawali dengan apel siaga dipimpin oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gusti Ayu Putu Suwardani. Dalam amanatnya, Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan dirangkaikan dengan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58.

“Kegiatan ini juga menindaklanjuti arahan Dirjenpas yang mencanangkan 3 kunci pemasyarakatan maju + back to basics bagi seluruh jajaran pemasyarakatan. Malam ini kita akan mengecek kembali kondisi wisma hunian yang ada di Lapas Kelas IIA Yogyakarta,” terangnya.

Sinergi Aparat Penegak Hukum terjalin antara Lapas Yogyakarta, Kepolisian, dan Tentara Nasional Indonesia.| Foto: Ambar/ Humas Lapas Yogyakarta

Selain itu Kadivpas juga menegaskan kembali komitmen jajaran Lapas Kelas IIA Yogyakarta dalam mempertahankan predikat ‘Bersih dari Narkoba dan piranti lainnya’ (Bersinar Hatinya).

“Saya minta komitmen dan integritas seluruh jajaran, dari kalapas hingga regu pengamanan, untuk terus mempertahankan bersinar hatinya menjadi tanggung jawab kita bersama. Siap semuanya?,” tanya Kadivpas dijawab ‘siap’ serentak oleh peserta apel.

Senada, Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, dalam arahan singkat sebelum menuju wisma hunian mengingatkan untuk tetap berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Perlu saya tekankan pertama, bahwa SOP harus dilaksanakan dengan baik, kedua, jaga etika dalam melaksanakan penggeledahan kamar, terakhir, tetap waspada terhadap pelaksanaan penggeledahan malam hari ini,” pesan Kalapas.

Dari OP Gabungan yang dimulai pukul 19.00 WIB tersebut, petugas mendapati sejumlah barang yang seharusnya tidak boleh masuk atau dibatasi jumlahnya berada di wisma hunian, seperti potongan kayu, rantai kalung, spatula, peralon, sendok stainless, mata gerinda, serpihan kaca, panci, tungku, dan sejumlah peralatan yang potensial dapat disalahgunakan.

Selanjutnya barang hasil operasi penggeledahan ini akan dilaporkan kepada Kantor Wilayah Kemenkumham DIY dan akan dilaksanakan pemusnahan sesuai peraturan berlaku.[HT]

Kalapas Yogyakarta tengah menyampaikan arahan singkat kepada peserta OP Gabungan.| Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.