Bangun Zona Integritas, Rutan Garut Studi Tiru di Lapas Yogyakarta

 Bangun Zona Integritas, Rutan Garut Studi Tiru di Lapas Yogyakarta

Di dalam Gedung Madrasah Alquran Al-Fajar, Tim Studi Tiru Lapas Garut mempelajari Silabus dan Buku Panduan Ibadah WBP Lapas Yogyakarta. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta menerima kunjungan Studi Tiru dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Garut pada Kamis (13/10). Tim studi tiru diterima langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, di Aula Sasana Krida Wiraguna.

“Maksud dari kedatangan kami untuk bertukar informasi sekaligus melihat seperti apa pembangunan Zona Integritas Lapas Yogyakarta yang sangat wow sekali di medsos. Baik fasad, inovasi, dan pembinaannya,” tutur Kepala Rutan Garut, I Wayan Bondan Wahyu Kusuma Dusak.

Menanggapi hal itu, Kalapas Yogyakarta menjelaskan bahwa selain kuat dalam publikasi agar kinerja diketahui masyarakat, pembangunan tampak muka atau fasad Lapas bertujuan menarik minat masyarakat untuk mengetahui dan berperan dalam pembinaan.

“Fasad depan kami bangun agar menghilangkan kesan seram sehingga masyarakat tertarik untuk mengetahui ada apa Lapas Yogyakarta ini,” jelas Soleh.

Lebih lanjut Kalapas menyampaikan terkait pembangunan Assessment Center Narapidana (Ascena) Lapas Yogyakarta sebagai tindak lanjut Permenkumham Nomor 7 tahun 2022 tentang Syarat Dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, Dan Cuti Bersyarat. Kalapas juga menegaskan bahwa keberadaan Ascena juga sesuai Undang-Undang Nomor 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

“Assesement Center ini merupakan sarana terpadu berbasis IT untuk melaksanakan penilaian terhadap narapidana yang dilakukan berdasarkan Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN),” jelasnya.

Kepala Lapas Yogyakarta mengajak Tim Studi Tiru Rutan Garut melihat fasilitas layanan dalam pembangunan ZI. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Dari Aula, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Dapur Bakpia ‘Mbah Wiro 378’, Pembuatan Kotak Kado ‘Box Create’, Madrasah Al-Fajar, dan Wahana Edukasi Pemasyarakatan lainnya di selasar depan Lapas Yogyakarta.

Menutup acara siang itu, Tim Studi Tiru Rutan Garut foto bersama di selasar yang merupakan fasad bangunan cagar budaya . [TPH]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content