Kamis, 24 September 2020 - 20:32 WIB

Apel Siaga “Kami Kerja,Pasti Bersih Melayani”

P2U Semakin Besar Peranannya Dalam Melaksanakan Tugas

 

Apel Siaga “Kami Kerja, Pasti Bersih Melayani”, betul-betul dilaksanakan secara siaga. Terbukti perintah ini hanya dua hari sebelum hari pelaksanaan, tetapi dilakukan secara terorganisir, saling berkoordinasi, menjalin kerja sama yang apik di jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hasilnya?

Bisa diacungkan jempol.

Apel Siaga yang penyelenggaraannya dipusatkan  di Lapas Kelas IIA Yogyakarta pada Jumat (31/03/2017), disambut antusias oleh seluruh petugas Pemasyarakatan di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Setiap Unit Pelaksana Teknis di Jajaran Kanwil Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta mengirimkan wakilnya. Para pasukan ini pun memenuhi Lapangan Apel Lapas Kelas IIA Yogyakarta dengan semangat dan suka cita.

Dewa Putu Gede, Kepala Kanwil Kemenkumham DIY menjadi inspektur Apel, sedangkan kelancaran jalannya apel di emban Suherman Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta yang berperanan sebagai Perwira Apel.

Pembacaan Deklarasi “Kami Kerja, Pasti Bersih Melayani” oleh Dhandy Dhermawan dan diiukuti para peserta apel merupakan rangkaian inti apel siaga kali ini.

Di dalam sambutannya, Inspektur Apel memaparkan keprihatinannya terhadap permasalahan yang dihadapi jajaran Pemasyarakatan terutama pada Lapas dan Rutan. Hal ini terkait dengan bisa masuknya barang terlarang di Lapas terutama narkoba. Bahkan sudah terbukti pada beberapa kasus bahwa peredaran gelap Narkoba di Indonesia di kendalikan dari dalam Lapas/Rutan. Melihat permasalahan ini  Dewa Putu Gede dengan tegas memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada Petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) di setiap Lapas dan Rutan untuk memeriksa, mengawasi orang yang masuk dan keluar Lapas/Rutan. Pemeriksaan ini selain diperlakukan kepada  Pengunjung, juga diperlakukan kepada petugas  Lapas dan Rutan sendiri. Ketegasan Dewa Putu Gede ini sesuai perintah Menteri Hukum dan HAM  yang menyatakan Petugas P2U wajib melakukan penggeledahan secara konsisten kepada siapapun dan apapun yang melewati pintu utama, serta segera melaporkan kepada pimpinan apabila terdapat pihak yang tidak mau digeledah. Petugas P2U juga wajib memastikan alat komunikasi (handphone) pengunjung dan petugas disimpan di dalam loker yang telah disediakan.

Apel Siaga “Kami Kerja, Pasti Bersih Melayani” di Lapas Kelas IIA Yogyakarta dihadiri sejumlah undangan seperti dari Polda DIY, Korem DIY, BNNP. Selain itu dilakukan juga penandatangan kerja sama Lapas Kelas IIA Yogyakarta dengan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Yogyakarta.

Semangat Apel Siaga semakin terasa sewaktu seluruh peserta upacara menyanyikan lagu “Mars Pemasyarakatan” dan diperdengarkan lagu “Mars Kami Kerja Pasti Bersih Melayani”.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara Maret 2017

No comments yet.

Leave a Reply