Antisipasi Gangguan Kamtib Malam Tahun Baru, Lapas Yogyakarta Gelar Razia Gabungan

 Antisipasi Gangguan Kamtib Malam Tahun Baru, Lapas Yogyakarta Gelar Razia Gabungan

Apel Siaga Malam Tahun Baru dilaksanakan di Aula Sasana Krida Wiraguna Lapas Yogyakarta.| Foto: Bayu/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA- Dipusatkan di Aula Sasana Krida Wiraguna, malam pergantian tahun menjadi perhatian tersendiri bagi jajaran Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DIY. Peningkatan kewaspadaan akan gangguan keamanan dan ketertiban digalakkan dan razia gabungan ditambah intensitasnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Agung Rektono Seto, memimpin langsung kegiatan razia gabungan sekaligus sebagai pembina pada Apel Siaga Malam Tahun Baru 2023, Sabtu (31/12) malam.

“Kegiatan ini untuk meminimalkan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas IIA Yogyakarta tetap terjaga,” ujar Kepala Kanwil dalam amanatnya.

Selanjutnya Kepala Kanwil mengapresiasi sinergisitas yang telah terjalain antara Lapas Yogyakarta dengan TNI dan Polri.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang selalu mendukung stabilitas keamanan di Lapas Yogyakarta,” tuturnya.

Sementara, Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, dalam petunjuk teknisnya mengajak para petugas untuk mengedepankan SOP dan humanis dalam razia atau malam tahun baru ini.

“Tetap, SOP diperhatikan dan saya berharap dalam penggeledahan wisma tetap mengedepankan etika yang baik,” pesan Kalapas.

Kegiatan dilanjutkan dengan penggeledahan wisma hunian dengan melibatkan Aparat Penegak Hukum (APH) dari Koramil 05/ Pakualaman dan Polsek Pakualaman.

Kepala Kanwil, Kepala Lapas, Komandan Koramil, dan Perwakilan dari Polsek Pakualaman menunjukkan barang bukti setelah razia gabungan digelar. | Foto: Ambar/ Humas Lapas Yogyakarta

Hasil razia di Lapas berkapasitas 496 orang tersebut tidak ditemukan narkoba maupun barang-barang yang berpotensi besar mengganggu keamanan dan ketertiban. Namun petugas mendapati sejumlah barang yang seharusnya tidak boleh masuk atau dibatasi jumlahnya berada di wisma hunian.

Pada kegiatan yang juga dilaksanakan serentak di UPT Pemasyarakatan se-DIY ini, dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham DIY, Rahmi Widhiyanti; Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 05/Pakualaman, Mayor Inf. Saidi; Babinsa Koramil Pakualaman, Serda Kirpan; Basamapta Polsek Pakualaman, Aiptu M. Erry Dian ISP., dan Baintelkam Polsek Pakualaman, Bripka Mutaqin. [TPH]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content