Ambil Langkah Antisipatif, Kakanwil Sidak Jaringan Listrik dan APAR di Lapas Yogyakarta

 Ambil Langkah Antisipatif, Kakanwil Sidak Jaringan Listrik dan APAR di Lapas Yogyakarta

Kakanwil Kemenkumham DIY, Budi Argap Situngkir (paling kiri) saat keluar dari Dapur Bale Raos Lapas Yogyakarta, kebersihan dapur menjadi perhatiannya karena Lapas Yogyakarta tengah bersiap memperoleh predikat WBK.| Foto: Husni T/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia D.I. Yogyakarta, Budi Argap Situngkir melakukan inpeksi mendadak (sidak) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta, Rabu (15/09). Sidak kali ini menyasar sarana-prasarana pencegahan dan penanganan kebakaran dan juga penertiban jaringan listrik.

Dalam sidak ini Kakanwil didampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Yogyakarta, Arimin dan pejabat struktural saat meninjau instalasi jaringan listrik dan tersedianya Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) di lingkungan Lapas.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia D.I. Yogyakarta, Budi Argap Situngkir tengah mengecek kartu kontrol APAR di Lapas Yogyakarta. | Foto: Ambar K/ Humas Lapas Yogyakarta

Kegiatan ini menjadi rangkaian langkah antisipatif, usai terjadinya bencana kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang. Sidak ini dimaksudkan untuk memantau kesiapan lapas dalam penanganan jika terjadi bencana serupa. Selain itu, kerapian juga menjadi perhatiannya.

“Ini kabel CCTV ya? Ini di rapikan supaya rapi dan aman,” instruksinya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Lapas Yogyakarta, Arimin melaporkan kondisi APAR dan lokasi-lokasi penempatannya kepada kakanwil.

“Sudah kita pasang APAR di masing-masing pos, dapur, dan di lingkungan kerja kantor. Kemarin sudah kami lakukan pengecekan. Jadi yang terpasang ini sudah siap pakai dan dalam kondisi bagus,” ujar Kalapas.

Seorang koki di Dapur ‘Bale Raos’ Lapas Yogyakarta tetap melaksanakan tugasnya, sementara sidak sedang berlangsung di lokasi tersebut.| Foto: Ambar K/ Humas Lapas Yogyakarta

Dalam sidak ini, Kakanwil juga mengunjungi Dapur ‘Bale Raos’ Lapas Yogyakarta berpesan untuk menjaga kebersihannya.

“Dapur agar selalu bersih, ini persiapan menuju WBK”, pesannya. [TPH, HT]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content