Jumat, 10 Juli 2020 - 09:56 WIB

Wirogunan Band Tampil di Pameran Pembangunan

Pameran Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta diselenggarakan selama lima hari dari tanggal 18 hingga 22 Agustus 2017 di Taman Pintar. Instansi pemerintah Pusat dan Daerah, organisasi, kelompok usaha, dan sebagainya ikut berpartisipasi. Banyak hal yang ditampilkan termasuk dari instansi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil Kemenkumham DIY). Selain memberikan pelayanan hukum secara gratis, instansi ini juga menampilkan karya-karya Warga Binaan Pemasyarakatan dari Lapas maupun Rutan se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Banyak masyarakat yang mengunjungi stan Kanwil Kemenkumham DIY, terlebih ada beberapa pertunjukan yang ditampilkan oleh stan ini. Keceriaan dan kelucuan Jati Suryono dari Lapas Wirogunan dan Sena dari Lapas Cebongan dalam memandu acara.

Wirogunan Band dari Lapas Wirogunan di bawah binaan Iwan Yujono unjuk gigi tampil di Pameran Pembangunan pada hari Selasa (22/08/2017). Seluruh personil band dan vokalisnya adalah para WBP Lapas Wirogunan dari beberapa kasus, seperti pembunuhan, penganiayaan, perlindungan anak dan korupsi. Cukup piawi mereka memainkan musik megiringi rekan sesama WBP dan Iwan Yujono menyanyikan beberapa buah lagu.

Keberadaan mereka cukup menggelitik para pengunjung yang mengetahui bahwa mereka narapidana. Bahkan seorang ibu menghampiri mereka dan minta untuk bisa ikut bernyanyi diiringo oleh Wirogunan Band.

Jati Suryono langsung merespon baik permintaan pengunjung,”Ibu bernyanyi duwet ya sama ‘Dsn’. Dia sering duwet, trus kalo temannya duwetnya pales, maka dibunuh.”

Sang ibu pun mendelik , dan para penonton tertawa atas gurauan Jati Suryono.

Lagu yang dibawakan Wirogunan band berpadu antara tembang lawas dan yang sedang hit dikalangan anak muda.

“Dsn” sang WBP dengan enjoy menyanyikan lagu-lagu terbaru, bergantian dengan Iwan Yujono dan bahkan berduwet. Jati Suryono pun mengajak pengunjung untuk naik ke atas panggung bernyanyi diiringi Wirogunan Band. Dua orang anak berkebutuhan khusus dari SLB Negeri 2 Sayidan Yogyakarta dengan antusias tampil  dan bernyanyi. Aksi mereka cukup menarik,dan akhirnya banyak yang mengikuti. Stan Kanwil Kemenkumham DIY menjadi sangat heboh.
Suasana ceria terus berlanjut dengan tampilnya anak-anak sekolah dasar menyanyikan sebuah lagu Pop. Mereka sangat senang bisa tampil di panggung diiringi Wirogunan Band. Ini terpancar pada wajah merka ketika bernyanyi, dan ketika selesai turun dari panggung dengan berjingkrak-jingkrak kesenangan.

Wirogunan Band tampil baik dan telah memberikan hiburan bagi pengunjung Pameran Pembangun. Rasa senang bertambah, karena di acara penutupan stand Kanwil Kemenkumham dinyatakan sebagai stan terbiak pada Pameran Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2017.

(AK 23/08/2017)

 

Filed in: Kabar Penjara Agustus 2017

No comments yet.

Leave a Reply