Kamis, 9 Juli 2020 - 08:13 WIB

WBP Lapas Wirogunan Sholat Idul Fitri di Masjid Al-Fajar

 

Menggeliat

Hari masih sangat pagi, di perkampungan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Wirogunan sudah menggeliat. Sebagian besar WBP melakukan aktifitas dari urusan bersih-bersih diri di kamar mandi hingga memilih pakaian terbaik yang mereka miliki. Sementara dari Masjid Al-Fajar yang ada di dalam Lapas terus terdengar takbir, “Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar, Laa Illaha ilallahu Allahu Akbar. Allahu Akbar Walilla Ilham.”

Minggu tanggal 1 syawal 1438 Hijriyah (25/06/2017) Umat Muslim merayakan hari raya Idul Fitri, hari kemenangan setelah sebulan melaksanakan puasa Ramadhan. Rasa suka cita itu pun menjalar hingga Lapas Wirogunan Yogyakarta. Satu persatu WBP menuju masjid untuk merayakan sholat Idul Fitri. Shaf demi shaf pun terpenuhi hingga terus ke barisan belakang, mereka duduk dengan tertib dan ikut bertakbir sambil menunggu waktu sholat tiba.

Akhirnya Masjid Al-Fajar dipadati para jemaat yang sebagian besar WBP. Tidak ada kesan kriminal, baik suasananya maupun jemaatnya. Kesan damai bak di sebuah pesantren justru terpancar kuat. Tepat pukul enam lewat tiga puluh Imam mengajak jemaat untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. Sejenak sang Imam berdiri menghadap jemaat dan mengajak untuk merapikan dan merapatkan barisan, lalu berbalik mengarah ke Kiblat untuk memimpin sholat.

Khutbah yang merupakan bagian dari sholat Idul Fitri pun disampaikan Khotib. Tertib para WBP mendengarkan khutbah, dan tidak ada satu pun yang beranjak dari tempat duduknya hingga selesai. Makna puasa Romadhan dan Hari Raya Idul Fitri menjadi tema khutbah. Khotibpun mengajak para jemaat untuk membuka hati yang suci dan pikiran jernih serta mengajak untuk menyingkirkan kotoran jiwa, sehingga umat Islam tercatat sebagai orang-orang yang mendapat amanat Allah.

Sholat Idul Fitri selesai, para WBP tidak meninggalkan masjid. Ada pengumuman yang mereka nantikan sebagai hadiah hari raya Idul Fitri, yaitu Remisi.

(AK 25062017)

Filed in: Kabar Penjara Juni 2017

No comments yet.

Leave a Reply