Jumat, 10 Juli 2020 - 09:55 WIB

WBP Lapas Wirogunan Antusias Sukseskan Khataman Al-Quran Seluruh Indonesia

Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 tahun 2017 Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyelenggarakan Khataman Al-Quran “Warga Binaan Pemasyarakatan Mengaji”.

Seperti Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di seluruh Indonesia, WBP Lapas Wirogunan juga menyambut antusias kegiatan ini. Pada hari Kamis (20/04/2017) para WBP laki-laki maupun perempuan berhimpun di Masjid Al-Fajar Lapas Wirogunan. Tepat pukul delapan Acara Khataman Al-Quran dimulai dengan diawali sambutan Suherman, Kepala Lapas Wirogunan, yang menyatakan rasa senang dan bersyukur kegiatan Khataman Al-Quran yang sekaligus memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dapat terselenggara juga di Lapas Wirogunan  Ikut memeriahkan acara tersebut adalah organisasi Nusantara Mengaji Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Umariddin Masdar, Pembina Organisasi Nusantara Mengaji Wilayah DIY menyatakan,”Nusantara mengaji mempunyai program memasyarakatakan mengaji di tengah masyarakat termasuk di Lapas Wirogunan.”

Sekitar 300 WBP memenuhi Masjid Al-Fajar, suasana seperti di sebuah pesantren. Setelah acara sambutan groub Hadroh mengalunkan sebuah lagu islami yang sarat dengan pesan-pesan baik bagi umat Islam. Selanjutnya acara inti pun dimulai. Para WBP membaca Al-Quran secara serempak dipimpin oleh perwakilan dari Nusantara Mengaji.

Proses membaca Al-Quran sudah dilakukan para WBP beberapa hari lalu dan dilakukan setiap hari. Pembacaan pun  dituntaskan pada acara Khataman Al-Quran ini. Mereka senang dapat mengkhatamkan secara bersama-sama, terlebih itu juga dilakukan oleh sesama WBP di seluruh Indonesia.

Selesai membaca Al-Quran bersama, Ustadz Aris yang sudah tidak asing bagi WBP karena sering memberikan tauziah di Lapas Wirogunan, kembali memberikan tauziah. Sesuai dengan tema, Ustadz Aris menjelaskan tentang sejarah Isra Mi’raj dan nilai yang terkandung di dalamnya, termasuk perintah bagi umat Islam untuk menjalankan sholat.

Para WBP sering kali tertawa, karena Ustadz yang satu ini memang pandai mencerahkan suasana dengan banyolan-banyolannya dalam memberikan tauziah. Selain itu Ustadz Aris juga cepat akrab bila sedang berbincang-bincang, termasuk kepada WBP Lapas Wirogunan.

Menjelang Zuhur kegiatan Khataman Al-Quran dan peringatan Isra Mi’raj selesai, para WBP pun bersiap-siap untuk menjalankan ibadah sholat Zuhur.

Ambar Kusuma

 

Filed in: Kabar Penjara April 2017

No comments yet.

Leave a Reply