Kamis, 9 Juli 2020 - 07:49 WIB

Walikota pimpin Upacara HUT Ke-69 Kemerdekaan di Lapas Yogyakarta

Prosesi pengibaran Bendera Merah putih pada Upacara HUT Ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Pemberian Remisi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Minggu (17/8). Foto: Istimewa

Prosesi pengibaran Bendera Merah putih pada Upacara HUT Ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Pemberian Remisi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Minggu (17/8). Foto: Tim PPID

 

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti  memimpin Upacara HUT Ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Pemberian Remisi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Minggu (17/8).

Upacara dimulai sekitar pukul 7.30 WIB ketika sejak 30 menit sebelumnya seluruh petugas baik dari Lapas Yogyakarta  maupun perwakilan dari Rutan dan Rupbasan Kota Yogyakarta dan Pasukan Anti Huru-Hara juga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) memasuki lapangan upacara.

Komandan Upacara pada peringatan kali ini adalah  Kepala Sub Seksi Keamanan Lapas Kelas IIA Yogyakarta Marsidi, sementara pengibar bendera yang bertugas adalah tim gabungan dari pegawai Lapas dan Rutan Yogyakarta berjumlah 9 orang. Catharina, pegawai Lapas Yogyakarta satu-satunya petugas wanita di tim tersebut bertugas sebagai pembawa Merah Putih.

Prosesi pengibaran bendera berjalan khidmat. Dengan tenang dan perlahan Catharina memberikan Bendera Merah Putih kepada pengerek. Tidak berselang lama Bendera Merah Putih terbentang. Diiringi Lagu Indonesia raya oleh paduan suara WBP Lapas Yogyakarta dengan dirigen Ambar Kusuma, perlahan bendera dikerek naik.

Prosesi dilanjutkan dengan simbolisasi penyerahan potongan masa hukuman atau remisi oleh walikota. Pada peringatan kemerdekaan kali ini jumlah penghuni di Lapas Yogyakarta adalah 378 orang WBP sementara yang memenuhi syarat memperoleh remisi 241orang WBP. Pada hari itu pula, 8 orang WBP langsung menghirup udara bebas. Selain itu tanpa mereka duga Haryadi Suyuti memberikan cindera mata kepada WBP yang langsung bebas. Sebelum meninggalkan lapas, satu diantara WBP yang bebas memekikkan sebuah kata, “Merdeka!” (AK 17082014)

Filed in: Kabar Penjara Agustus 2014

No comments yet.

Leave a Reply