Jumat, 10 Juli 2020 - 09:52 WIB

Tiga Pesan Kepala KPLP Wirogunan untuk WBP

Pesan Ka KPLP (1)

Warga Binaan Pemasyarkatan (WBP) Lapas Kelas IIA Yogyakarta melaksanakan upacara Bendera Merah Putih di Lapangan Upacara Lapas pada Senin (9/3). [Foto: Ambar Kusuma/PPID]

Warga Binaan Pemasyarkatan (WBP) Lapas Kelas IIA Yogyakarta atau yang biasa disebut Lapas Wirogunan melaksanakan upacara Bendera Merah Putih pada Senin (9/3). Kegiatan rutin ini diselenggarakan pihak lapas dua minggu sekali dalam rangka meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Para WBP baik pria maupun wanita yang menjadi peserta dipersiapkan dengan latihan terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya.

Pada kesempatan minggu ini Wahyu Indarto, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) menjadi Inspektur Upacara Bendera Merah Putih. Dalam amanatnya, Wahyu memberikan tiga pesan untuk WBP.

Pesan pertama, ia menghimbau kepada para WBP untuk menjaga tata tertib, dan sanggup mematuhi aturan bagi WBP di Lapas Wirogunan. Ditegaskan pula bahwa WBP yang melanggar tata tertib akan dikenai sanksi.

“Salah satu sanksi yang bisa dikenakan bagi pelanggar tata tertib adalah tidak menerima remisi yang menjadi hak WBP”, ujar Wahyu.

Hal ini sangat beralasan mengingat di lapas sudah disediakan Warung Telepon Khusus Pemasyarakatan (Wartelsuspas) bagi WBP.

“Sarana ini silahkan dipergunakan dengan baik, tidak ada alasan lagi WBP diperbolehkan memiliki handphone”, tegas Wahyu.

Selanjutnya pada pesan kedua Wahyu menyampaikan, agar WBP pandai menjalin perikehidupan yang baik terhadap sesama WBP. Dicontohkan beberapa tindakan yang perikehidupan antar WBP yang tidak baik seperti; mudah terpancing emosi, melakukan pemalakan, berkelahi atau memancing keributan.

Pesan yang terakhir, berhubung masih memasuki musim hujan, para WBP diminta untuk selalu menjaga kebersihan agar tidak menjadi sarang penyakit. Hal ini bisa diwujudkan dengan melakukan aksi nyata seperti melaksanakan piket kebersihan di setiap kamar, tidak menumpuk pakaian kotor berlama-lama, tidak  menggantung pakaian di dinding serta rajin menjemur kasur. [Ambar Kusuma] [Editor: HT]

Filed in: Kabar Penjara Maret 2015

No comments yet.

Leave a Reply