Kamis, 23 November 2017 - 10:25 WIB

Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 WBP Lapas Wirogunan Selenggarakan Porseni

 

Bulan Agustus sudah di depan mata, dan seluruh rakyat Indonesia siap menyemarakan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2017. Dimana-mana mulai dikibarkan umbul-umbul, dan Gapura pun kembali dipercantik. Begitu juga di lingkungan Lapas Wirogunan Yogyakarta. Para Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) semakin aktif membersihkan lingkungan, dan di tepi lapangan sudah berkibar umbul-umbul.

Jumat pagi (28/07/2017) para WBP dari setiap blok hunian berkumpul di tengah Lapang. Mereka membuat barisan. Diantara WBP terdapat satu barisan  mengenakan seragam yang sama. Mereka adalah panitia perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia bagi WBP di Lapas Wirogunan. Hari ini diadakan upacara pembukaan Porseni yang dibuka oleh Suherman, Kepala Lapas Wirogunan. Di tepi lapangan sudah terpampang sepanduk “Selamat Bertanding, Jaga Sportifitas”

Upacara pembukaan Porseni dilaksanakan secara sederhana, setelah dibuka secara resmi oleh Kepala Lapas Wirogunan, Suherman memberikan bola sebagai simbol pertandingan bisa dimulai. Ada beberapa cabang yang dimainkan. Pada bidang Olah Raga dipertandingkan Sepak bola, voli, tenis meja, dan catur. Sedangkan pada bidang kesenian ada lomba menyanyi, serta lomba berbaris.

Kegiatan yang tidak memperebutkan hadiah besar, tetapi disambut antusias oleh para WBP. Kegiatan ini menjadi hiburan tersendiri bagi mereka. Pertandingan pertama adalah bola voli antara blok D lawan blok C. Blok C terdiri dari WBP yang tidak muda lagi, tetapi mereka tampak sangat semangat. Blok yang merupakan kasus Tipikor ini ternyata banyak yang bisa bermain Voli. Sedangkan lawannya Blok D, walau banyak yang muda tampak pasrah. Mereka tetap semangat walau bukan pemain voli. Persiapan mereka bisa diacungkan jempol, karena mengenakan kaos yang seragam. Di dalam permainan Blok C dengan mudah menghujani smes yang mematikan, dan sesekali blok D pun membalas, karena dua diantara enam pemain blok D bisa bermain voli.

Sementara di dalam aula, tampak para WBP duduk rapi saling berhadapan. Di tengah-tengah mereka sudah terpasang papan catur. Tenang semuanya, bahkan terlihat konsentrasi mereka berusaha mengalahkan lawan. Akhirnya di tengah-tengah barisan terdengar,”Yes!” dari seorang WBP sambil mengangkat tangannya yang mengepal. Dia tertawa senang karena memenangkan permainan.

Porseni baru dimulai oleh para WBP Lapas Wirogunan. Beberapa hari ke depan mereka akan merayakan pesta. Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 mulai terasa.

(AK 28072017)

Filed in: Kabar Penjara Juli 2017

No comments yet.

Leave a Reply