Rabu, 19 Desember 2018 - 09:15 WIB

Sang Penjangkau yang Gemar Melayani

 

“Mbak Magda!”

Begitulah panggilan akrab sosok ini. Seorang wanita yang memberikan kesan ramah, enerjik, dan bersahabat. Aktifis di LSM Victory sebagai “Penjangkau” ini seperti tidak kenallelah memburu ODHA (orang dengan HIV/AIDS), untuk dibantu agar mendapat pelayanan.

Lapas Wirogunan sangat terbantu dengan sepak terjang “sang Penjangkau” ini. Hasil pemeriksaan menyimpulkan di Lapas Wirogunan ada 5 ODHA, terdiri dari seorang WBP pria, dan empat orang WBP wanita. Seluruhnya mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Selain dokter dan perawat Lapas Wirogunan yang memberikan WBP ini, sosok Magda juga mempunyai peranan penting.

Cakap dalam bekerja menghubungkan Lapas Wirogunan dengan instansi terkait seperti seperti Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, agar ODHA mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik.

Selasa (12/12/2017), Mbak Magda sang penjangkau datang ke Lapas Wirogunan dengan membawa obat untuk ODHA. Seperti biasa, selalu bersikap ramah dan renyah, sehingga suasana di Balai Pengobatan Lapas Wirogunan menjadi ramai penuh keakraban.

“Dokter, saya ingin mendapatkan informasi napi ODHA yang akan bebas seminggu sebelumnya, agar bisa disiapkan kelanjutan pelayanan setelah di luar Lapas,” Magda menyampaiakan permintaan kepada dokter gigi Ari, yang selama ini aktif memperhatikan WBP ODHA.

“Oke, nanti saya akan konsultasikan kepada Kepala Seksi Binadik, terutama bagi WBP yang berpotensi memperoleh kebebasan dengan Program Integrasi,” Dokter Ari merespon.

Kunjungan “Sang Penjangkau” kali ini pun berkesempatan untuk memberikan konsultasi kepada seorang WBP ODHA yang beberapa bulan akan bebas. Kondisi WBP, tempat tinggal WBP setelah bebas, rencana ODHA setlah bebas adalah beberapa hal yang ingin diketahui Mbak Magda agar mudah memberikan pelayanan setelah “Sang Odha” bebas.

“Ini adalah langkah antisipasi tidak ada kematian karena AIDS,”  sang penjangkau dengan semangat menyatakan di depan para petugas medis Lapas Wirogunan.

(AK 12122017)

Filed in: Kabar Penjara Desember 2017

No comments yet.

Leave a Reply