Senin, 6 Juli 2020 - 13:06 WIB

Ramadhan di Lapas Wirogunan, WBP penuhi Masjid Al-Fajar

Tarawih LP WG

Sholat Tarawih pertama di Bulan Ramadhan 1436 H, para WBP sholat berjamaah di Masjid Al-Fajar Lapas Wirogunan, Rabu (17/6). [Foto: A Kusuma]

Bulan Ramadhan 1436 Hijriyah telah tiba. Selepas waktu mahgrib para warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Wirogunan yang beragama Islam keluar blok hunian dengan ceria. Bagaimana tidak senang, keluar malam adalah sesuatu yang sangat berharga buat mereka, yang sudah dipastikan hari-hari di dalam Lapas tidak dapat menikmatinya gelapnya langit. Khusus di bulan Ramadhan mereka dapat beribadah di Masjid Al-Fajar Lapas Wirogunan. Beberapa dari mereka yang baru pertama kali melewati Ramadhan pertama di Lapas Wirogunan ada yang mendongakan kepalanya kelangit yang banyak ditaburi bintang. Rasa senangnya tampak terpancar melihat keindahan alam yang selama ini tidak diperhatikannya dan spontan mengatakan, “Dah lama aku nggak liat bintang!”

Sholat Tarawih pertama di masjid Al-Fajar Lapas Wirogunan diselenggarakan pada Hari Rabu malam (17/6), sesuai dengan yang diumumkan pemerintah tentang penetapan Bulan Ramadhan. Sebanyak 285 orang Warga Binaan Pemasyarakatan memadati Masjid Al-Fajar. Mereka terdiri dari 232 WBP laki-laki, dan 53 WBP wanita.  Di dalam beribadah para WBP didampingi 15  petugas Lapas Wirogunan yang mendapat tugas piket.
Suwanjono, Kepala Subsi Bimkemaswat Lapas Wirogunan mendapatkan kesempatan awal untuk memimpin sholat dan menyampaikan tauziah yang bermaterikan tentang Puasa Ramadhan dan Rahasia Wudlu atau bersuci. Selain itu Suwanjono juga menghimbau kepada para WBP, agar di dalam menjalankan sholat tarawih selama bulan Ramadhan tidak melakukan hal-hal yang tidak patut, seperti mengambil sandal teman, atau dapat mengendalikan emosi agar tidak terjadi keributan sekecil apapun.

Selesai melaksanakan sholat Tarawih, dan mendengarkan siraman rohani,para WBP kembali ke blok hunian. Ada delapan orang WBP yang tinggal di masjid Al-Fajar. Mereka melanjutkan kegiatan berupa tadarus hingga pukul Sembilan malam. Marhaban Ya Ramadhan.  [Ambar Kusuma]

Filed in: Kabar Penjara Juni 2015

No comments yet.

Leave a Reply