Jumat, 22 September 2017 - 22:04 WIB

Petugas Lapas Wirogunan Yogyakarta Jumpa “Berlian”

Cinta kebersihan dan keindahan adalah sikap yang harus terus ditanamkan. Salah satu caranya dengan membuat jadwal kegiatan dan mewujudkan. Itu sudah dilakukan oleh Lapas Wirogunan Yogyakarta sejak lama. Lebih sering  di hari Jumat, tetapi terkadang dilakukan di hari-hari lain sesuai kebutuhan.

Hari Jumat pagi (28/07/2017), para petugas Lapas Wirogunan mengenakan kaos olah raga. Mereka siap berolahraga seperti senam dan bermain voli. Tetapi di dalam apel diumumkan bahwa hari ini petugas Lapas Wirogunan kembali berjumpa dengan “Berlian” yang merupakan akronim dari “Bersihkan Lingkungan Anda”.

Pengumuman itu disambut dengan rasa senang, pembagian area tugas kebersihan pun tidak terlalu dipedulikan. Seluruhnya menuju halaman depan Lapas Wirogunan. Sabit, sapu, tempat sampah, serok yang sudah disiapkan pun diangkut.

Rumput di halaman Lapas dicabut, Tanah di solokan diserok, daun-daun kering diangkut, sampah di trotoar disapu. Seperti biasanya bila membersihkan halaman kantor dekat tepi jalan, kesadaran masyarakat masih menyedihkan. Ada saja sampah yang dimasukan dalam kantong dibuang di halaman Lapas, termasuk aroma pesing di tembok Lapas. Para petugas Lapas mnejadi gemes, tapi itu asik untuk dijadikan gurauan.

“Parfum mu nggak berubah ya Mbak?” Celoteh petugas pria ketika merasakan bau pesing.

“Wah, kamu nggak pernah lupa to. Ya sudah nikmati aja, jangan pergi!” Jawab yang digoda.

Hal lain yang mengasikan, setelah kerja bakti pasti disediakan minuman hangat dan makanan tradisional. Kali ini wedang sereh menemani getuk, kacang rebus dan jajanan lainnya. Menyantapnya pun di taman Suharto. Taman baru di dalam Lapas Wirogunan. “Berlian” memang bisa menambahkan keakrapan para petugas.

“Benar-benar asik……”

(AK 28072017)

Filed in: Kabar Penjara Juli 2017

No comments yet.

Leave a Reply