Jumat, 28 Juli 2017 - 15:50 WIB

Petugas Lapas Sragen Lakukan Kunjungan Ke Lapas Wirogunan

102_8681

Sebanyak empat belas petugas Lapas Sragen pada hari Sabtu (21/01/2017) berkunjung ke Lapas Wirogunan. Mereka dipimpin langsung oleh Rudi Joko Sumitro, Kepala Lapas Sragen. Kegiatan silaturahmi tersebut dalam rangka studi banding penyelengaraan pelayanan Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan.

Para petugas Lapas Sragen membentuk beberapa kelompok kecil, dan setiap kelompok menuju ke beberapa Seksi. Pembicaraan hangat penuh persahabatan terjadi di Ruang Urusan Kepegawaian dan Keuangan. Permasalahan kedua Lapas ternyata banyak kemiripan. Salah satunya persoalan mengakses aplikasi SIMPEG NEW 015. Banyak pegawai yang kebingungan, terlebih mereka yang gagap teknologi, admin juga sering tidak bisa menjawab permasalahan yang dihadapi pegawai, sehingga harus bertanya dahulu ke Kanwil ataupun ke Kantor Biro Kepegawaian Kemenkumham. Layanan Cuti, Jabatan Fungsional Umum, Penanganan dokumen kepegawaian dan penanganan pelanggar tata tertib juga menjadi bahan obrolan kedua belah pihak.

Di bengkel Kerja Lapas Wirogunan, kelompok lain asik melihat WBP melakukan kegiatan ketrampilan. Sejumlah WBP dengan cekatan membuat box kado yang langsung dibawah pengawasan “Margaria Group”. Perusahaan ini menjalin kerja sama dengan Lapas Wirogunan, dan hasilnya dipasarkan oleh “Margaria Group”, yang salah satunya ada di pusat oleh-oleh “Jendela Jogja” yang menjadi  anak perusahaan “Margaria Group”. Ketrampilan Las, menjahit, sablon, pertukangan, keranjang, keset, membatik, dan menyulam juga menjadi perhatian para tamu.

Nugroho Setiawan, staf KPLP Lapas Wirogunan mendampingi para petugas Lapas Seragen yang tugasnya juga di pengamanan. Mereka memasuki area hunian WBP, dan disambut hangat anggota Rupam yang sedang bertugas.

Banyak hal yang dibicarakan termasuk Sistem Database Pemasyarakatan. Keduanya saling membagi pengalaman untuk mendapat manfaat dari pertemuan tersebut. Selepas menikmati nasi gudeng, para tamu dari Lapas Sragen pamit diri melanjutkan perjalanan.

Ambar Kusuma

 

Filed in: Kabar Penjara 2017, Kabar Penjara Januari 2017

No comments yet.

Leave a Reply