Jumat, 21 September 2018 - 02:21 WIB

Pegawai Lapas Wirogunan Senang dengan Berlian Lingkungan pun Menjadi Bersih

Gotong royong membersihkan lingkungan merupakan kegiatan yang sering dilakukan para pegawai Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Dalam rangka memperingati hari Bakti Pemasyarakatan ke-54 tahun 2018 pada Jumat pagi (20/04/2018) Tri Ari Astuti selaku Kepala Subbag TU mengumumkan pembagian kelompok kerja dalam kegiatan “Berlian” yang merupakan singkatan dari “bersihkan lingkungan anda” menjadi lima area. Urusan Umum bekerja membersihkan lingkungan di area parkir; Binapi di sisi utara Lapas, Urusan Kepegawaian dan Keuangan di area Masjid Margoyasan Gunung Ketur, Seksi Giatja dan Seksi Minkamtib di Halaman Depan Lapas, KPLP mendapat area di dalam Lapas dengan mengerahkan para warga binaan Pemasyarakatan (WBP).

Selesai apel pagi, para pegawai langsung menyerang area yang dituju. Sapu, serok, pengki, arit, dan sebagainya menjadi alat mereka bekerja. Tidak ada yang menggerutu, bahkan ketika diarea ada saja celetukan senda gurau. Di Masjid Margoyasan pasukan dari Kepegawaian dan Keuangan langsung bekerja. Lantai disapu dan dipel, kaca dilap agar kinclong, tempat wudlu dan toilet disikat. Niat usil pun tercetus disini, seorang pegawai mengetahui karpet sudah sangat berdebu, dikibaskannya di dekat teman-temannya, karuan sebagian mereka menjadi bersin. Sang pengusil  tertawa riang walau dicereweti rekan-rekannya.

Pasukan  Binapi juga semangat membersihkan lingkungan di utara Lapas. Biar panas terik mereka asik saja bekerja. Area ini dekat sekolah dasar dan ada beberapa penjual. Karuan saja sang penjual makanan ringan menjadi sasaran. Mi maupun cilok menjadi santapan yang enak di situasi seperti ini.

Lain lagi dengan tim dari Giatja dan Minkamtib. Halaman depan Lapas rumput-rumputnya sudah meninggi. Tetapi mereka tidak kepayahan. Mesin pemotong rumput sudah dikendalikan Suyadi, Cepat saja sang rumput dipapras, dan para pegawai tinggal membersihkannya.

Urusan Umum kompak dengan penjual bubur kacang ijo. Penjual yang sehari-hari mangkal di area parkiran ini memang selalu ikut membantu, baik mengatur kendaraan atau membersihkan lahan parker.

Kerja sama yang apik tampak terlihat antara pegawai KPLP dengan WBP. Mereka bahu membahu membersihkan lapangan, halaman kantor juga masjid Al-fajar yang ada di dalam Lapas.

Seluruh kegiatan ini langsung dipantau Satriyo Waluyo selaku Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Senyumnya sering kali mengembang melihat tingkah laku anak buahnya menikmati kegiatan “Berlian”, diselingi gurauan menyegarkan. Senang dengan “Berlian” betul-betul membuat lingkungan menjadi bersih dan nyaman dilihat.

(AK 20/04/2018)

Filed in: Kabar Penjara April 2018

No comments yet.

Leave a Reply