Jumat, 21 September 2018 - 02:22 WIB

Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Wirogunan Rayakan Paskah Bersama

Minggu pagi (23/04/2017) Gereja Hati Kudus Lapas Wirogunan Yogyakarta sudah ramai oleh jemaatnya,baik itu para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), petugas Lapas, maupun tamu undangan dari Kanwil Kementerian Agama DIY, dan Pusat Katolik DIY.

Para jemaat Kristiani ini melaksanakan Paskah bersama, dan tentu saja kegiatan ini sangat menggembirakan bagi para WBP, karena mereka dapat melaksanakan Paskah bersama dengan petugas dan undangan lainnya. Paskah tahun ini juga menjadi istimewa bagi mereka, karena merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 tahun 2017, yang diselenggarakan oleh  Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI. Ibadah ini diselenggarakan serentak di Lapas, Rutan, Cabang Rutan dan LPKA seluruh Indonesia, yang dimaksudkan untuk meningkatkan semangat, memberikan motivasi dan terus membangun integritas guna meningkatkan keimanan dalam semangat kebersamaan yang dilandasi dengan semangat kebangkitan Tuhan..

Paskah di Gereja Hati Kudus dipimpin oleh Romo Niko, dan berjalan dengan khusu dan hidmat. Para WBP berbaur dengan para tamu, termasuk 3 Romo (Pastur) yang mengiringi Romo Niko, serta Para Fater dan Suster.

Selesai ibadah mereka beramah tamah dengan menyaksikan sajian paduan suara WBP menyanyikan beberapa lagu rohani. Ada juga WBP yang secara solo menyanyikan lagu rohani, dan direspon baik oleh jemaat lain dengan ikut bernyanyi.

Pemberian doorprize adalah waktu yang ditunggu. Para WBP  dengan semangat tunjuk tangan dari setiap pertanyaan yang diajukan oleh Romo, Suster dan Fater. Mereka yang dapat menjawab akan mendapatkan bingkisan sebagai hadiah.

“Apa arti Iosous Naza Renus Rex Indaerum,” tanya seorang suster ketika diminta untuk mengajukan pertanyaan.

Suasana hening sesaat, tidak lama seorang WBP mengangkat tangannya dan berkata dengan semangat, “Inilah raja orang Yahudi.”

“Betul!” kata Fater dengan cepat merespon.

Hari yang membahagiakan bagi para jemaat Gereja Hati Kudus. Mereka yang hadir bergembira bersama. Sebagai tanda syukur atas kebahagiaan yang mereka rasakan, doa bersama pun dipanjatkan.

(AK 23042017)

Filed in: Kabar Penjara April 2017

No comments yet.

Leave a Reply