Senin, 15 Oktober 2018 - 20:31 WIB

Pasukan Merah Putih Narapidana Kerja Bakti di Tengah Masyarakat

 

 

Puasa Romadhon memasuki hari keempat, pasukan Merah Putih Narapidana bersama petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta dengan semangat menuju Kampung Margoyasan Kelurahan Gunung Ketur Kecamatan Pakualaman Kota Yogyakarta pada Minggu pagi (20/05/2018). Menyambut hari Kebangkitan Nasional ke-110, mereka melakukan kerja bakti di kampung yang tidak jauh dari Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Kedatangan para narapidana disambut senang Suyadi ketua kompleks perumahan yang telah menyediakan pacul, serok, pengki, ember dan bahan-bahan bangunan seperti pasir, dan semen.

Dihadapan para narapidana Suyadi menyatakan terimakasih atas partisipasi mereka, dan menjelaskan bahwa mereka dapat mengecor halaman balai warga yang tampak kumuh serta beberapa jalan gang yang rusak serta membersihkan tepi jalan dari gulma.

Tanpa menunggu lama Pasukan Merah Putih Narapidana langsung bergerak. Beberapa pohon dalam pot di teras balai warga diangkat diletakan di tepi balai. Sapu pun mulai digerakan, dan tumbuhan liar dicabut. Sebagian mereka langsung membuat adonan pasir dan semen. Kaki dan tangan mereka begitu cekatan. Halaman bale warga sudah bersih, adonanpun sudah siap. Pengaduk memasukan adonan ke dalam ember yang langsung dibawa rekannya untuk dituang pada halaman bale. Pengecoran pun dimulai. Dua WBP menggosok adonan yang data dan diratakan di area yang dibenahi.

Satriyo Waluyo selaku Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta beserta para pegawai mendampingi para narapidana

“Ini adalah wujud nyata para narapidana ikut berpartisipasi membenahi fasilitas umum. Kegiatan ini memberi support bahwa mereka tetap bisa bermanfaat di masyarakat. Sementara kegiatan ini juga menjadi informasi dan bukti kepada masyarakat bahwa narapidana bila telah bebas tetap bisa diajak berpartisipasi dalam kegiatan di masyarakat. Berharap eks napi bisa diterima kembali bukan justru disingkirkan,” Satriyo Waluyo menjelaskan kepada warga ma dan pegawai syarakatyang ada. serta

Para pegawai yang mendampingi narapidana tidak Cuma berpangku, mereka juga melakukan kerja bakti dan petunjuk kepada narapidana. Bahkan dengan santai Satriyo Waluyo ikut mengaduk adonan. Selain mengecor halaman balai warga, mencabut tumbuhan liar juga dilakukan. Ada jalan yang berlubang dan penghambat laju kendaraan juga tampak rusak. Kondisi ini pun menjadi target kerja bakti kali ini.

Merangkak siang pekerjaan hampir selesai, tiga narapidana diperintahkan untuk menuntaskan, sementara narapidana yang lain kembali ke Lapas Kelas IIA Yogyakarta untuk mengecat benteng Lapas dan gedung perkantoran. Kesigapan narapidana didampingi para pegawai Lapas Kelas IIA Yogyakarta akhirnya membuahkan hasil dengan tuntasnya pekerjaan mereka. Betul-betul hari Kebangkitan yang memiliki makna.

(AK 20/05/2018)

Filed in: Kabar Penjara Mei 2018

No comments yet.

Leave a Reply