Kamis, 9 Juli 2020 - 09:03 WIB

Orientasi Selesai, CPNS Lapas Yogyakarta Terima SK Penempatan Jabatan

Yogyakarta, INFO_PAS – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Jabatan yang diserahkan langsung oleh Kepala Lapas Yogyakarta, Satriyo Waluyo, Rabu (28/2). Laksana diwisuda, satu persatu nama mereka diucapkan untuk memperoleh map berisi SK tersebut.

Kegembiraan mereka bertambah karena di dalam map juga terdapat dokumentasi mereka saat kegiatan jalan malam dan foto bersama hasil kreativitas tim dokumentasi lapas. “Setelah mengakhiri orientasi, Saudara segera melaksanakan tugas sesuai SK. Mentor kalian akan terus mendampingi. Jalin kerja sama yang baik dan benar kepada senior. Jangan takut bertanya bila tidak mengerti,” pesan Satriyo.

Sebelumnya, para CPNS telah menjalani orientasi dan praktik kerja selama satu bulan agar mengetahui gambaran umum tentang Lapas Yogyakarta dengan segala dinamikanya. Ini penting walau mereka nantinya mereka bertugas sebagai satuan pengamanan tahanan/narapidana.

Para CPNS juga mendapat contoh langsung dari para senior bahwa satuan pengamanan kadang berperan menjadi pembina atau petugas perawatan, seperti mengajak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) salat berjamaah di masjid atau meminta para WBP untuk menjemur kasur serta membersihkan toilet.

Mereka menyaksikan sendiri pelaksanaan bimbingan kerja WBP, pembinaan agama, bahkan penyelenggaraan pendidikan Kejar Paket bagi WBP. Para CPNS pun praktik bagaimana bentuk kerja sama petugas pengamanan dengan petugas medis dalam menangani WBP yang sakit. Bahkan, mereka ikut membantu perawatan sarana prasarana kantor. (AK)

 

Sumber: ditjenpas.go.id

Filed in: Kabar Penjara Maret 2018

No comments yet.

Leave a Reply