Sabtu, 4 Juli 2020 - 00:50 WIB

Memperingati Hari Dharma Karyadhika Lapas Yogyakarta Memberikan Pelayanan Kunjungan Bertema “Sehari Bersama Mereka”

102_5349

Minggu pagi (09/10/2016) kerumunan masyarakat berkumpul di ruang pendaftaran kunjungan Lapas Wirogunan, sementara di aula juga telah berkumpul Warga Binaan Masyarakat (WBP) beserta masyarakat yang berkunjung. Di tengah-tengah mereka telah ada sederetan tamu seperti Pramono, Kepala Kanwil Kemenkumham DIY beserta Ety Nurbaiti, Kepala Devisi Pemasyarakatan, serta Danramil Pakualaman, Kepala Polsek Pakualaman, dan Danan Purnomo, Sekretaris Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN)

Lapas Wirogunan memberikan layanan kunjungan pada hari Minggu dalam rangka memperingati hari Dharma Karyadhika tahun 2016. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di Rutan dan Lapas seluruh Indonesia dengan tema “Sehari Bersama Mereka”. Diawali dengan mengikuti serangkaian acara yang dipusatkan dari Jakarta dengan menggunakan aplikasi Zoom secara online, seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersamaan di  Rutan dan Lapas seluruh Indonesia, pidato Dirjen Pemasyarakatan, dan pidato Menteri Hukum dan HAM RI.

Selain mengikuti acara dari Jakarta, para pegawai, WBP, dan masyarakat di Lapas WIrogunan juga mendengarkan ceramah dari Emanuel Andriyanto, Danramil 05/Pakualaman yang bertema “Revolusi Mental”. Penuh semangat dan komunikatif, Danramil Pakualaman menuturkan tentang nilai-nilai kebangsaan, selain itu diselingi juga kisah perjalanannya dalam tugas militernya di beberapa daerah. Kisah yang menyelipkan nilai-nilai rela berkorban untuk Negara, nilai mempertahankan Negara kesatuan Republik Indonesia,. Di ujung ceramahnya Danramil mengajak kepada semua yang ada untuk “Berbuat terbaik, berani, tulus, dan iklas” bagi bangsa dan Negara.

Mendapatkan kunjungan merupakan hal yang ditunggu oleh para WBP, oleh karena itu setelah acara selesai mereka berteriak senang karena mendapat kesempatan untuk  dikunjungi oleh keluarga, teman dan sebagainya. Sudah pasti sebungkus makanan dan voucher pengganti uang adalah yang paling mereka harapkan.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara Oktober 2016

No comments yet.

Leave a Reply