Kamis, 9 Juli 2020 - 09:09 WIB

Mahasiswa STHB Bandung Berkunjung ke Lapas Yogyakarta

Dalam kurun seminggu Sekolah Tinggi Hukum Bandung (STHB) dua kali membawa para mahasiswanya ke Lapas Yogyakarta. Kunjungan pertama dilaksanakan pada tanggal 03 Mei 2014, dan kunjungan kedua dilaksanakan hari ini tanggal 10 Mei 2014. Baik kunjungan pertama maupun kedua berjumlah puluhan mahasiswa, dimana kunjungan pertama jumlahnya lebih banyak dari kunjungan kedua. Agenda kunjungan hampir sama, diawali dengan penjelasan secara umum tentang kondisi Lapas di halaman dalam Lapas Yogyakarta oleh Ambar Kusuma dari petugas Informasi dan Dokumentasi Lapas Yogyakarta, selanjutnya kunjungan ke Bengkel Kerja yang dipandu dan Ambar Kusuma. Mereka dapat langsung melihat kegiatan kerja WBP dan hasilnya. Banyak diantara para mahasiswa baru mengetahui bahwa di Lapas Yogyakarta para WBP mendapat pembinaan kepribadian dan kemandirian seperti yang mereka lihat langsung. Setelah itu para mahasiswa wanita diperbolehkan melihat blok hunian WBP wanita.
Kunjungan lapangan selesai, mereka lalu berhimpun di aula. Di tempat ini mereka mendapatkan informasi tentang selayang pandang lapas dari Zaenal Arifin, Kepala Lapas Yogyakarta dan Ambar Kusuma dari tim PPID Lapas Yogyakarta. Penyampaian kisah nyata dari tiga orang WBP seputar tindak kriminal yang telah WBP lakukan sehingga harus dipidan penjara juga mahasiswa dapatkan.
Suasana begitu meriah, penuh tawa, tepuk tangan, karena ada sajian hiburan berupa fashion show dan menyanyi oleh para WBP yang diiringi band WBP, dan kesemuanya dibawah bimbingan Iwan Yujono. Perwakilan mahasiswa juga ada yang menyumbangkan suaranya, dan akhirnya seluruh mahasiswa menyanyikan sebuah lagu terkenal secara bersama-sama. Gelak tawa terjadi karena ada penampilan WBP pria yang berdandan seperti perempuan dan melakukan peragaan busana. Gelinya mahasiswa memuncak karena WBP tersebut menarik seorang mahasiswa untuk berjoget bersama.
Acara kunjungan berakhir setelah para mahasiswa melakukan wawancara kepada para WBP sebagai bagian dari pelaksanaan tugas yang dibebankan kepada mereka.
(AK 10052014)

 

Filed in: Kabar Penjara Mei 2014

No comments yet.

Leave a Reply