Senin, 6 Juli 2020 - 12:45 WIB

Launching Buku Antologi Puisi Narapidana Lapas Wirogunan “Suara-Suara dari Wirogunan”

102_3736

Sebuah prestasi kembali ditorehkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Wirogunan.

Setelah mendapatkan pendampingan para sastrawan seperti Iman Budi Santoso, Budi Sarjono, Ons Untoro dan Jati Suryono, seorang petugas Lapas Wirogunan, para WBP dapat menghasilkan karya sastra dalam bentuk antologi puisi .

Launching karya mereka pun dipentaskan pada hari Rabu (17/8/2016) setelah upacara memperingati hari Kemerdekaan RI, dengan bukunya berjudul “Suara-Suara dari Wirogunan”. Hadir pada acara tersebut Pramono Kepala Kanwil Kemenkumham DIY dan Eti Nurbaiti Kepala Devisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, serta beberapa Kepala UPT.

Suherman, Kepala Lapas Wirogunan menyatakan “Kegiatan ini sebetulnya gagasan Zaenal Arifin Kepala Lapas sebelumnya beserta para relawan Budaya. Saya tinggal melanjutkan apa yang telah mereka rintis.”

Sementara Ons Untoro salah seorang penggagas kegiatan sastra di Lapas Wirogunan ini menyatakan kekagumannya kepada WBP yang bisa membuat puisi yang menakjubkan. “Saya sedang menjelaskan teori dalam membuat puisi, dan selesai itu tiba-tiba ada beberapa orang napi menyerahkan puisi karya mereka. Itu dibuat ketika saya sedang memberikan penjelasan.”

“Itu hebat!”

“Saya tidak menyangka mereka begitu antusias”

“Kekaguman ini bertambah, mengetahui diantara mereka ada seorang napi karyanya sangat bagus, padahal SD saja dia tidak lulus.”

Selain para undangan, aula tempat acara juga dipenuhi para WBP. Mereka menyaksikan pentas puisi yang dibawakan Kepala Kanwil, Kepala Devisi Pemasyarakatan, Kepala Lapas Wirogunan, Seorang Kepala UPT, dan rekan-rekan mereka sesama WBP.

Ons Untoro menjadi pamungkas dalam pembacaan puisi. Sebuah puisi karya Edi Purwanto berjudul “sahabat Sejati” jadi pilihannya. Si empunya pun berbinar senang menyaksikan karyanya dibacakan seorang sastrawan terkenal di Yogyakarta.

Ambar Kusuma

 

Filed in: Kabar Penjara Agustus 2016

No comments yet.

Leave a Reply