Jumat, 10 Juli 2020 - 09:27 WIB

Lapas Yogyakarta Siap Tampung Sandra Penunggak Pajak

Kalapas Wirogunan bersama Kakanwil Dirjen pajak -1

Kalapas Yogyakarta, Zaenal Arifin jalan berdampingan bersama Kakanwil Dirjen Pajak DIY dalam kesempatan meninjau langsung kamar huni calon pengemplang pajak DIY di Lapas Yogyakarta, Kamis (5/3). [Foto: Ambar Kusuma]

Yogyakarta, INFO_PAS – Lapas Kelas IIA Yogyakarta terima kunjungan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil DJP DIY) Rudy Gunawan Bastari pimpinan, Kamis (5/3).

Kunjungan kali ini dilakukan sebagai koordinasi berkaitan dengan pemberian efek jera bagi para pengemplang pajak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dengan menempuh upaya terakhir dari prosedur yang ada yaitu dengan cara menyandera pelaku. Dalam rencanannya penyanderaan akan dititipkan di Lapas Yogyakarta.

“Tempat penahanan Sandra akan disiapkan tetapi tidak diharapkan, karena ini merupakan upaya terakhir dari prosedur yang ada”, tutur Rudy menjelaskan maksud kedatangannya.

Adapun penyanderaan yang dimaksud adalah menawan pelaku sampai yang bersangkutan memenuhi kewajibannya membayar pajak.“Kelak bila pengemplang pajak yang disandera memenuhi kewajibannya dengan membayar pajak, maka akan dibebaskan dari penyanderaan”, ungkap Rudy.

Sementara itu, Zaenal Arifin Kepala Lapas Yogyakarta menyambut baik maksud dan tujuan Rudy dan rombongan. Zaenal juga mengantarkan langsung rombongan ke kamar hunian di blok yang sudah disiapkan bagi pengemplang pajak.

“Kami sudah siapkan kamar hunian di blok H, yang fasilitasnya relatif sama dengan hunian yang lain. Sarana yang disiapkan merupakan bangunan terbaru di Lapas Yogyakarta”, ucap Zaenal.

Lebih lanjut, Zenal mengatakan bahwa Lapas Yogyakarta siap membantu dan mendukung, aktivitas selama  hal tersebut prosedural dan sesuai hukum yang berlaku. “Pada dasarnya kami siap membantu, selama semuanya sesuai dengan peraturan yang berlaku.” imbuh Zainal. (NH)

Kontributor: Ambar Kusuma

Sumber: www.pemasyarakatan.com

Filed in: Kabar Penjara Maret 2015

No comments yet.

Leave a Reply