Kamis, 23 November 2017 - 10:22 WIB

Lapas Wirogunan Selenggarakan Penyuluhan Peduli HIV / AIDS bagi WBP

Ilustrasi Penyuluhan HIV/AIDS

Ilustrasi Penyuluhan HIV/AIDS

Dalam rangka memperingati Hari AIDS sedunia, Lapas Wirogunan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, menyelenggarakan kegiatan observasi pengetahuan dalam bentuk penyuluhan HIV/AIDS kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Kamis (13/11).

Dokter Neni dari Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta memberikan penyuluhan peduli AIDS kepada sembilan puluh orang WBP baik laki-laki maupun perempuan. Materi yang diberikan berupa pengertian HIV/AIDS, syarat hidup virus HIV, orang yang beresiko tertular HIV, cara penularan HIV, pengobatan HIV/ AIDS, sikap masyarakat kepada ODHA.

Santai dan penuh canda dalam memberikan informasi, membuat para WBP merespon dengan antusias dibarengi celotehan-celotehan “nakal” mereka.

Pada kesempatan itu pula Neni menjelaskan bahwa orang yang beresiko tertular HIV/ AIDS adalah mereka lelaki yang senang berhubungan dengan sesama lelaki.

“Lapas termasuk area yang rawan dalam melakukan hubungan seksual sejenis. Apakah diantara kalian atau kalian mengetahui di lapas ada yang senang berhubungan dengan sesama jenis?” tanya Neni kepada WBP.

“tidak ada Bu!” hampir semua WBP menjawab serentak.

Namun tiba-tiba ada salah seorang yang menimpali, “Pake kresek Bu,”
Sejurus kemudian suasana kembali pecah dengan gelak tawa memenuhi Aula Lapas. (AK 13112014)

Filed in: Kabar Penjara November 2014

No comments yet.

Leave a Reply