Kamis, 23 November 2017 - 10:22 WIB

Kepala Lapas Wirogunan Ajak Petugas Tingkatkan Kinerja

Zaenal Arifin, Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta tengah menyampaikan pengarahan kepada petugas, Senin (24/11). Foto: Husni Tamrin

Zaenal Arifin, Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta (kedua dari kiri) tengah menyampaikan pengarahan kepada petugas, Senin (24/11). Foto: Husni Tamrin

Di bawah cuaca mendung Zaenal Arifin Kepala Lapas Wirogunan memberikan pengarahan di hadapan para staf saat apel pagi, Senin (24/11). Pengarahan disampaikan mengacu pada hasil pertemuan dengan Yasonna H. Laoly, Menteri Hukum dan HAM RI di Lapas Khusus Narkotika Yogyakarta di Pakem, Sleman, pada Sabtu (22/11).

“Pada Kabinet Kerja ini, kita harus meningkatkan Kerja! Kerja! Kerja! Tanpa mengendorkan keamanan.”, kata Zainal mengutip pesan menteri.

Kepala Lapas Wirogunan mengingatkan bahwa Pegawai Lapas harus memahami asas, dimana pada sistem peradilan, hakimlah yang memutuskan dan menjatuhkan pidana kepada terdakwa. Oleh sebab itu Petugas Lapas dilarang untuk menambah hukuman. Kewajiban Petugas Lapas adalah  memberikan pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan, dan memberikan sanksi bagi WBP yang melanggar tata tertib dalam rangka pembinaan.

Masalah narkoba juga disinggung dan dinyatakan bahwa masalah ini sudah lampu merah, yang artinya sangat serius. Oleh karena itu harus ada tindakan tegas terhadap masalah narkoba. Disampaikan pula bahwa pemakai narkoba akan direhabilitasi, sedangkan bagi pengedar, bandar, produsen harus dipidana dan tidak mendapat fasilitas seperti remisi, atau pembebasan bersyarat.

“Petugas Lapas atau Rutan jangan sekali-kali jadi agen Narkoba!”, tegas Kepala Lapas Wirogunan menutup pengarahan pagi itu. (AK 24112014)

Filed in: Kabar Penjara November 2014

No comments yet.

Leave a Reply