Jumat, 20 September 2019 - 13:09 WIB

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Syafari Ramadhan ke Lapas Kelas IIA Yogyakarta

 

 

Puasa bulan Ramadhan telah memasuki hari kedua. Lapas Kelas IIA Yogyakarta bebenah di halaman dan di dalam Masjid Al-Fajar. Tenda terpasang, beberapa meja bundar pun mulai diletakan. Bagian dalam masjid pun dibersihkan dan dicek proyektor yang selalu siap bila digunakan. Selasa sore (07/05/2019) Kepala Kanwil Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta beserta jajarannya serta para Kepala UPT melaksanakan buka puasa bersama di Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Ini merupakan kegiatan pertama dari rangkaian Syafari Ramadhan tahun 1440 Hijriyah ke beberapa UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham DIY.

Masjid Al-Fajar memiliki halaman yang agak luas, menggunakan konsep garden party menjadi ide Satriyo Waluyo Kepala Lapas elas IIA Yogyakarta pada kegiatan buka puasa bersama kali ini. Allah memberikan rahmat dengan diturunkannya hujan untuk menghalau debu, dan berhenti ketika acara dimulai.

Pada sambutannya Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta menyatakan rasa senang dan syukur terwujudnya buka puasa bersama, serta mengucapkan terimakasih kepada Kepala Kanwil serta para pejabat dan seluruh yang hadir termasuk warga binaan Pemasyarakatan yang dicintainya.

Tedja Sukmana, Kepala Divisi Pemasyarakatan merespon positif dan memberikan sambutan terkait makna bulan Ramadhan, atermasuk di dalamnya ada saling memaafkan secara iklas.

Sepuluh menit sebelum adzan Mahgrib berkumandang, Ustadz Sutarjo, dari KUA Umbulharjo memberikan tauziah yang menjelaskan tentang penetapan bulan Ramadhan dan delapan golongan anak adam. Beberapa kali terdengar suara tawa  para jemaah, karena sang Ustadz pandai merangkai kisah dan menuturkan nilai agama dengan diselingi kata-kata jenaka.

Tepat waktu mahgrib, Adzan pun berkumandang, seluruh jemaah menuju halaman masjid untuk sekedar berbuka puasa dengan meneguk air mineral atau menyantap kolak atau es sirup. Setelah sholat Mahgrib, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama, dan berbincang-bincang penuh keakrapan.

(AK 07/05/2019)

Filed in: Kabar Penjara Mei 2019

No comments yet.

Leave a Reply