Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:48 WIB

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY Apel di Lapas Wirogunan, “Ajak Petugas Tingkatkan Kinerja”

 

102_8509

Selasa pagi (17/01/2017), waktu belum menunjukan pukul setengah delapan, Ety Nurbaiti Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY telah berada di tengah-tengah petugas Lapas Wirogunan Yogyakarta. Tidak lama lonceng pun berbunyi, dan para petugas yang awalnya membentuk kelompok-kelompok kecil berhimpun membentuk barisan sesuai seksi masing-masing. Atasan langsung mereka pun sibuk mendata kehadiran apel para stafnya. Semua aktifitas ini terpantau Kepala Divisi  yang berdiri di depan barisan apel.

Tri Ari Astuti, Kepala Sub Bagian Tata Usaha menyiapkan barisan, pertanda apel pagi dimulai. Setelah laporan, Kepala Divisi Pemasyarakatan yang menjadi Pembina Apel memberikan pengarahan kepada peserta apel.

Para Petugas Lapas Wirogunan pada tahun 2017 diajak untuk meningkatkan kinerja. Diawali dengan pengisian Sasaran Kerja Pegawai, dan harus rajin mengisi jurnal harian dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Petugas Lapas jangan membuat pembenaran terhadap sesuatu yang salah, seperti membawa handphone ke blok hunian narapidana dengan alasan untuk mengisi jurnal harian. Selain staf, Ety Nurbaiti juga menyoroti para pejabat, Pejabat mempunyai tanggung jawab lebih besar, harus bisa jadi contoh, tidak boleh sewenang-wenang dan merasa lebih penting serta tidak boleh berbuat salah atau sengaja melanggar peraturan. Selain itu Ety Nurbaiti juga menginformasikan bahwa Lapas Wirogunan masih masuk zona kuning, karena hinga kini masih ditemukan banyak handphone di blok hunian WBP.  Para staf juga diminta untuk tidak mencontoh sesuatu yang salah yang dilakukan oleh pejabat.

Di akhir pengarahannya Kepala Divisi Pemasyarakatan menyatakan, “Petugas itu mengatur WBP mengajak kebaikan, bukan justru diatur WBP dengan beberapa alas an, seperti rasa kasihan atau karena mendapat imbalan.”

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara 2017, Kabar Penjara Januari 2017

No comments yet.

Leave a Reply