Senin, 15 Oktober 2018 - 20:31 WIB

Keberadaan CPNS Tambah Kekuatan Lapas Yogyakarta

Yogyakarta, INFO_PAS – Sebanyak 23 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lembaga Pemasyarakatam (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta sigap berbaris rapi ketika lonceng berbunyi tanda apel pagi mulai, Selasa (6/2). Hari itu merupakan merupakan hari yang membanggakan mereka karena untuk yang pertama kalinya menjalankan tugas sebagai calon abdi negara.

“Selamat datang kami ucapkan kepada para CPNS. Saya bangga kepada kalian yang masih muda mau mengabdi di lapas usai berjuang menyisihkan ribuan peserta. Artinya, saudara adalah manusia pilihan dan berbanggalah untuk itu,” tutur Kepala Lapas (Kalapas) Yogyakarta, Satriyo Waluyo.

Ia meminta mereka bekerja dengan baik, ikuti aturan dan kode etik, serta jangan sungkan bertanya kepada senior untuk menyesuaikan diri. “Keberadaan kalian menambah kekuatan lembaga ini yang sebelumnya berkekuatan 129 petugas menjadi 152 petugas,” tambah Satriyo.

Ia mangakui banyak anak muda yang masih berleha-leha, belum tahu apa yang akan mereka lakukan, bahkan bingung dengan masa depannya. “Saudara sudah membuat pilihan menjadi petugas di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Kalian telah berjuang dengan perjuangan yang luar biasa. Jangan sia-siakan perjuangan kalian dan pola pikir harus sudah berubah. Sudah mulai bersikap sebagai abdi negara,” ajak Kalapas.

Tak lupa, Satriyo mengingatkan para CPNS agar disiplin dan ikuti peraturan karena selama setahun mereka masih akan dinilai. “Bila melakukan pelanggaran atau tidak cakap bekerja tidak menutup kemungkinan kalian gagal menjadi abdi negara. Perjuangan kalian dihadiahi dengan gaji dan tunjangan setiap bulan. Selama menjadi CPNS dibayarkan sebanyak 80 persen dari yang seharunya,” tambahnya.

Selanjutnya, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Yogyakarta, Marjiyanto, langsung menghimpun para CPNS membentuk barisan melaksanakan senam bersama. Ia memimpin langsung setiap gerakan senam, bahkan membetulkan gerakan seorang CPNS yang tidak tepat. Selama dua minggu kedepan, Marjiyanto akan mendampingi mereka melaksanakan senam, baris berbaris, dan memberikan materi pengamanan lapas. (AK)

 

Sumber: ditjenpas.go.id

 

Filed in: Kabar Penjara Februari 2018

No comments yet.

Leave a Reply