Sabtu, 4 Juli 2020 - 00:33 WIB

Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah Lapas Wirogunan Menyembelih Dua Ekor Sapi dan Tiga Ekor Domba

img_8112

Senin  pagi (12/09/2016) dan waktu pun belum pukul tujuh, ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Wirogunan telah memadati bagian dalam masjid Al-Fajar, sementara para WBP wanita berada diluar sisi Selatan masjid. Beberapa WBP tampak mempercepat langkahnya, karena Sholat Idul Adha akan segera dimulai. Salah satu Takmir yang juga WBP beberapa kali menghimbau agar WBP beragama Islam yang masih di blok segera datang ke masjid.

Sugiyarto, yang berasal dari Depag Kota menjadi Imam Khotib pada sholat Idul Adha di Lapas Wirogunan kali ini. Petugas dari Subsi Bimaswat dan petugas Pengamanan mendampingi para WBP dalam pelaksanaan ibadah tersebut. Di dalam ceramahnya, Sugiyarto menjelaskan tentang makna Idul Adha, makna qurban, dan berkisah tentang ketauladanan Nabi Ibrahim dan Istrinya Siti Hajar serta anaknya Ismail.

Selesai sholat dalam waktu yang tidak lama dua sapi qurban siap untuk disembelih. Beberapa WBP membantu penyembelih, dan beberapa tenda serta tikar pun sudah disiapkan. Setelah dikuliti dan beberapa bagian sapi sudah dipotong, daging sapi pun dikirim ke sekelompok WBP yang siap mengiris daging sapi yang akan dibuat rendang dan tongseng.

Mereka bekerja dengan semangat dan riang gembira, bahkan sering kali mengolok-ngolok temannya.

“Lurah kok motong sapi di Lapas,” celetuk seorang WBP menyentil temannya yang dulu berstatus Lurah dan dipidana karena Korupsi.

“Apa karena motong sapi, maka jadi Lurah,” sambut yang lain

“Apa mau jadi Lurah di Wirogunan?”

Tawa pu  meledak, dan yang diledek pun ikut tertawa dan menjawab, “Malah diperjelas.”

“Dah pengalaman, lha wong dulu tukang motong,” tambah riuhlah para WBP mendengar komentar tersebut.

Tidak ada yang sakit hati, semua celotehan dijawab dengan celotehan lain. Hari ini WBP senang karena bisa menyantap makan siang dan makan sore dengan lauk daging sapi yang dikerjakan bersama-sama antara petugas Lapas Wrogunan dan perwakilan WBP. Pesta daging masih akan berlanjut karena esok hari tiga ekor domba siap untuk disembelih.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara September 2016

One Response to “Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah Lapas Wirogunan Menyembelih Dua Ekor Sapi dan Tiga Ekor Domba”