Jumat, 3 Juli 2020 - 23:17 WIB

Dua Pegawai BPSDM Kementerian Hukum dan HAM RI laksanakan Monitoring dan Evaluasi Diklat/Bimtek ke Lapas Wirogunan

img_8510

Kamis pagi (22/09/2016) Surya, Kepala Sub Bag Kepegawaian Kanwil Kemenkumham DIY mendampingi Andri Rahmanto dan Retno Pujiyanti,  dua petugas dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Hukum dan HAM RI yang melakukan monitoring dan evaluasi Diklat/Bimtek di jajaran Kanwil Kemenkumham DIY.

Ada 10 responden  yang menjadi target untuk diwawancarai. Mereka adalah pegawai yang pernah mendapatkan Diklat Kesemaptaan dan Pendidikan Dasar Pemasyarakatan tahun anggaran 2015. Tiga diantaranya adalah Pegawai Lapas WIrogunan, oleh sebab itu Tim ini mengunjungi Lapas Wirogunan untuk mewawancarai Danang, Rina, dan Didit, tiga petugas Lapas Wirogunan beserta atasan langsung mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dampak/manfaat penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan serta bimtek yang diselenggarakan Kanwil Kemenkumham.

Tahap pertama para pegawai yang menjadi target diminta untuk mengisi angket yang disediakan tim BPSDM. Beberapa diantara mereka bertanya kepada anggota tim untuk mendapatkan keterangan yang lebih jelas. Selesai mengisi angket satu demi satu para pegawai Lapas Wirogunan ini diwawancarai oleh tim Monev BPSDM. Wawancara terkait dengan materi pelatihan, dampak dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, sikap pimpinan terkait dengan pemberian reward kepada staf yang berprestasi, dan punishment bagi pegawai yang melakukan kesalahan atau kelalaian dan sebagainya.

Suasana sebetulnya dibuat akrab, mereka  berbincang-bincang dengan santai, tetapi ada saja  pegawai yang berkomentar dengan gurauannya, “Wah seperti ujian pendadaran biar jadi sarjana.”

Celotehannya pun direspon tertawa oleh teman-temannya yang asik menunggu di luar ruangan sambil terus melanjutkan obrolan.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara September 2016

No comments yet.

Leave a Reply