Senin, 23 Oktober 2017 - 22:32 WIB

Briefing Kepala Lapas Wirogunan di Hadapan Narapidana Tipikor “Tidak Boleh Ada Pungli!”

 

102_8607

Suherman, Kepala Lapas Wirogunan Yogyakarta Rabu pagi (18/01/2017) ikut melakukan operasi bersama Tim Satgas Kamtib di kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) blok C, yang dikenal dengan sebutan Blok Tipikor.

Sementara anggota tim Satgas Kamtib menggeledah kamar demi kamar di Blok C, para WBP dikumpulkan pada sudut blok yang memiliki pelataran yang agak luas. Kesempatan tersebut digunakan oleh Kepala Lapas Wirogunan untuk memberikan pengarahan kepada para WBP. Tegas menyatakan,”Di Lapas Wirogunan tidak boleh ada Pungli. WBP berhak mendapatkan pelayanan, dan petugas mengatur kewenangannya dalam memberikan pelayanan kepada WBP.”

Penuh kebapakan, Suherman mencontohkan bahwa WBP tidak perlu lagi membuat the panas, membuatkan mi atau masakan yang lain. Para WBP diingatkan agar tetap berhati-hati, karena pada sebuah kelompok dimana saja dimungkinkan ada individu yang punya sikap benalu, yang memikirkan diri sendiri atau melempar masalahnya kepada orang lain. Selain itu Kepala Lapas Wirogunan juga menghimbau agar barang yang tidak digunakan dikembalikan saja ke keluarga, dan  tidak menyimpan atau menggunakan benda yang dilarang seperti handphone, senjata tajam, narkoba.

Pada pertemuan tersebut beberapa kali WBP diingatkan kembali, bahwa di Lapas Wirogunan dilarang melakukan kegiatan Pungli. Baik yang dilakukan oleh WBP maupun oleh petugas. WBP diminta jangan protes terhadap sanksi dari peraturan yang dilanggarnya. Bila ada masalah seperti pemerasan baik dari sesama WBP maupun petugas segera melapor, dan bisa langsung ke Kepala Lapas.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara 2017, Kabar Penjara Januari 2017

No comments yet.

Leave a Reply