Senin, 6 Juli 2020 - 11:40 WIB

BRIEFING BERSAMA KA KANWIL DAN KA DIVISI PAS KEMENKUMHAM DIY

Ratusan petugas Pengamanan dari Lapas Wirogunan dan Rutan Yogyakarta memadati aula Lapas Wirogunan. Mereka di hari Jumat pagi (22/01) medapat pengarahan dari Dwi Purnomo Kepala Kanwil Kemenkumham DIY dan Ety Nurbaiti, Kepala Devivi Pemasyarakatan. Sikap simpatik diberikan para pejabat kepada anggota regu pengamanan yang semalam habis bertugas dan tetap semangat untuk mendapat pengarahan.

Dipandu Zaenal Arifin, Kepala Lapas Wirogunan, Dwi Purnomo dalam waktu yang tidak lama memberikan pengarahan terkait kegiatan pengamanan di Lapas maupun di Rutan, seperti fungsi dan tugas Administrasi Keamanan, penginfentarisan perlengkapan keamanan serta perawatannya, penerimaan pengunjung dengan sopan, ramah, tetapi tidak mengendorkan keamanan. Kepala Kanwil mengatakan, “Di Lapas pekerjaan diawali dari P2U, oleh sebab itu semua yang masuk harus digledah, agar di dalam menjadi steril.” “Seluruh petugas bekerja harus sesuai dengan SOP.”

Di akhir pengarahan Kepala Kanwil menyatakan,Di televise, di Koran dan lain-lain diberitakan bahwa barang terlarang masih banyak di Lapas.” “Ini membuat sakit hati kita, untuk itu pegawai harus bekerja sesuai SOP, lakukan secara kontinyu dan memiliki integritas, bekerja dengan iklas dan baik.

Kepala Divisi Pemasyarakatan melanjutkan pengarahan Kepala Kanwil. Dinyatakan bahwa Kanwil peduli kepada petugas pengamanan, karena tugas ini paling riskan di Lapas dan Rutan. Masyarakat atau orang-orang maupun napi sering menggambar sarana, prasarana dan petugas pengamanan. Dianjurkan petugas Pemasyarakatan bekerja sesuai visi dan misi Dirjen Pemasyarakatan, yang berpedomana pada maklumat Dirjen Pemasyarakatan yaitu “satu T lima K” yang terdiri dari “target, komitmen, konsekuen, konsisten, kontinyu dan komunikasi”.

Ety Nurbaiti juga menjelaskan tentang semboyan “SMART” dalam bekerja. S singkatan dari serious yang berarti serius/sungguh-sungguh; M singkatan dari minded yang berarti berfikiran luas; A singkatan dari active yang berarti aktif; R singkatan dari responsive yang berarti tanggap; dan T singkatan dari talk yang berarti bicara.

Selanjutnya Ety Nurbaiti menjelaskan hingga akhir satu persatu tugas Pengamanan sesuai peraturan yang berlaku dan harus dipahami oleh petugas pengamanan di Lapas maupun di Rutan.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara Januari 2016

No comments yet.

Leave a Reply