Jumat, 10 Juli 2020 - 10:37 WIB

BPIP Ikut Sukseskan Tari “Indonesia Bekerja” di Lapas Wirogunan

 

Sebuah perhelatan besar kembali diselenggarakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kamis (15/08/2019) Pegawai dan Warga Binaan di Rutan dan Lembaga Pemasyarakatan di seluruh Indonesia secara kolosal melakukan tari secara bersamaan di UPT masing-masing pada waktu yang bersamaan. Sebuah kegiatan yang diharapkan dapat dicatat oleh Museum Rekor Indonesia.

Kemeriahan tari kolosal itu pun diselenggarakan di Lapas Wirogunan yang bekerja sama dengan Lapas Perempuan Yogyakarta untuk melakukan di tempat yang sama. WBP yang menari pun diatur berupa barisan laki-laki dan barisan perempuan, sehingga laksana berpasangan. Sementara para pegawai berada di samping mereka.

Selain Satriyo Waluyo Kepala Lapas Wirogunan, dan Yuningsih Kepala Lapas Perempuan Yogyakarta, hadir pula Krismono Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, serta Tedja Sukmana Kepala Divisi Pemasyarakatan. Para pejabat ini tidak mau kalah dengan WBP, mereka pun ikut menari bersama.

Selain itu kedatangan mentor dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang sedang  memberikan pelatihan kepada WBP Lapas Wirogunan menambah semarak acara. Para mentor ini membawa sejumlah tokoh wayang yang melambangkan pulau-pulau besar di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, juga tokoh Garuda. Mereka ikut berkiprah di tengah-tengah penari ketika para peserta sedang menarikan “Indonesia Bekerja”. Suasana terasa menjadi lebih megah ketika Bendera Merah Putih dikibarkan sambil berlari di sela-sela penari oleh mentor yang berasal dari Papua.

Penyelenggaraan tari “Indonesia Bekerja” di Lapas Wirogunan benar-benar meriah dan makin mempererat silaturahmi anatara Lapas Wirogunan dan Lapas Perempuan yang memang masih berada dalam satu area.

(AK 15082019)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Filed in: Kabar Penjara Agustus 2019

No comments yet.

Leave a Reply