Senin, 15 Oktober 2018 - 20:31 WIB

BLH Kota Yogyakarta Berikan Pelatihan Kepada WBP Pengurus Bank Sampah

101_4649

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta untuk kesekian kali memberikan pelatihan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Wirogunan. Pada hari Kamis (25/02/2016) Faizah, Kepala Subdit Daur Ulang Sampah BLH kota Yogyakarta menyatakan rasa senangnya bisa kembali berpartisipasi memberikan pelatihan ketrampilan memanfaatkan limbah sampai untuk yang ketiga kalinya. Dikataknnya, “Dalam pengelolaan lingkungan hidup, sampah termasuk yang ditangani. Ada metoda dalam pengelolaannya agar sampah tidak bermasalah, bahkan menjadi berkah.”

Faizah pun menambahkan bahwa pada bulan April ada pameran hasil karya dari limbah sampah di Jakarta. WBP dipersilahkan bila ingin berpartisipasi. Selain itu Fasilitator Kelurahan Pengelolaan Sampah Mandiri yang mendampingi Faizah siap membantu dalam memberikan pelatihan ketrampilan pengelolaan sampah.

Irfan, Kepala BLH Kota Yogyakarta sendiri menginginkan Lapas Wirogunan yang memiliki kegiatan Bank sampah menjadi Lapas yang bersih, sehat dan memperoleh prestasi yang diakui oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Sedangkan Zaenal Arifin, Kepala Lapas Wirogunan memberikan pesan kepada para WBP, agar kegiatan yang terkait dengan bank sampah ini dilaksanakan dengan disiplin, senang hati, dan berkelanjutan.

Tidak lama kemudian para fasilitator memberikan botol bekas minuman mineral, kayu serta limbah plastik. Para WBP dilatih membuat ornamen kursi dari barang-barang bekas ini. Baik WBP laki-laki maupun perempuan sangat semangat mengikuti kegiatan. Selain memperoleh ketrampilan, kegiatan ini juga bisa dijadikan ajang bersenda gurau yang positif antara WBP, Pembina dan fasilitator, bahkan juga Kepala Lapas.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara Januari 2016

No comments yet.

Leave a Reply