Rabu, 19 Juni 2019 - 18:50 WIB

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hias DIY Sumbang Tanaman Langka kepada Lapas Kelas IIA Yogyakarta

 

Tiga Jumat berturut-turut di bulan Maret Lapas Kelas IIA Yogyakarta mengadakan kegiatan penting. Jumat pertama mengadakan penyuluhan TB dan pemeriksaan dahak kepada seluruh WBP dalam rangka hari TB sedunia. Jumat kedua melakukan kegiatan donor darah, dan pada Jumat ketiga (22/03/2019) masih dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan, Lapas Kelas IIA Yogyakarta menyelenggarakan Penghijauan dan Penanaman Pohon.

Para pegawai yang bertugas di staf kantor membawa pohon hias setiap orangnya, sehingga terkumpullah puluhan pohon hias yang siap ditanam. Satriyo Waluyo, Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta pada apel pagi menyatakan bahwa gerakan penanaman pohon ini diharapkan memberikan manfaat baik bagi lingkungan yang semakin asri, juga bermanfaat bagi manusia. “Pegawai yang telah ditunjuk silahkan mendisign, bentuk taman apa yang akan dibuat. Seluruh pegawai wajib berpartisipasi,” ujar Satriyo Waluyo.

Pegawai di jajaran Urusan Kepegawaian dan Keuangan tampak kompak dengan membawa dua jenis bunga yang sama dan dihimpun yaitu mawar dan sejenis tanaman pagar warna merah., dengan asumsi lebih mudah menata, dari pada setiap pegawai membawa tanaman sendiri-sendiri dengan berbagai jenis tumbuhan.

Kegiatan ini ternyata mendapat perhatian dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hias Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain memberikan tanaman hias, Balai ini juga memberikan beberapa jenis tanaman keras yang termasuk langka, yaitu Pohon Dewandaru, Pohon Sale, Pohon Nogosari, dan Pohon Nam-Nam.

Satriyo Waluyo di damping para pejabat struktural dan para pegawai  Lapas Kelas IIA Yogyakarta melakukan penanaman pertama di salah satu sudut lapangan upacara berupa pohon Dewandaru, dan dilanjutkan penanaman pohon lainnya oleh para pegawai.

(AK 22032019)

 

Filed in: Kabar Penjara Maret 2019

No comments yet.

Leave a Reply